Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Berlangsung Sepekan, Damar Sewu Jadi Pembuka, Ini Jadwal Lengkap Seren Taun 2024

KUNINGAN (MASS) – Damar Sewu menjadi pagelaran pembuka pada rangkaian Upacara Adat Seren Taun yang diselenggarakan oleh yayasan Paseban Tri Pancatunggal Cigugur, Senin (24/6/2024) malam. Acara seni budaya yang digelar sangat meriah itu, jadi tontonan banyak massa.

Dawar Sewu berlangsung hidmat dengan prosesi dinyalakannya obor sepanjang kawasan Paseban Tri Pancatunggal. Masih bagian dari pembukaan, digelar pertunjukan Tari Puragabaya Gebang, Seni Kaulinan Barudak Lembur, Tari Maung Lugay, dan ditutup Tari Rampak Kendang.

Selain ribuan pengunjung, nampak hadir juga dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, para Kepala perangkat daerah dan segenap pimpinan yayasan paseban tri pancatunggal.

Tahun ini, Upacara Adat Seren Taun 22 rayagung 1957 Saka Sunda mengusung tajuk “Merawat Meruwat Pusaka Budaya Nusantara”. Acara sendiri bakal berlangsung selama sepekan kedepan, tepatnya sampai Sabtu (29/6/2024) nanti.

Ketua panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Ratu Dewi Kanti Setianingsih menuturkan bahwa Upacara Adat Seren Taun di selenggarakan setiap tahun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada tuhan atas berkah yang telah diberikan.

“Hal ini juga sebagai bentuk Keragaman masyarakat Cigugur yang merepresentasi unsur agama dan budaya yang beragam di Cigugur. Sekaligus menyadarkan masyarakat untuk terus menggali nilai budaya bangsa Indonesia,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam prosesi tersebut, Rama Pangeran Gumirat Barna Alam membacakan rajah (azimat) sebagai pertanda bahwa seluruh rangkaian Upacara Adat Seren Taun, dibuka.

Ditemui seusai acara, Pj Bupati Kuningan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah mengapresiasi penyelenggaraan seren taun yang rutin digelar sebagai upacara adat tahunan yang telah memiliki pengakuan baik secara nasional maupun internasional.

“Seren taun adalah upaya bagi kita memaknai kebudayaan luhur yang perlu di jaga agar bisa diwariskan kepada anak cucu kita. Bersamaan itu, seren taun sekarang sudah masuk dalam agenda Calendar of event 2024 sebagai bentuk kolaborasi pemda dan masyarakat untuk semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisata,” kata Pj Bupati. (eki)

Berikut jadwal Seren Taun 2024 selama sepekan kedepan :

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pasca ditetapkan tanggal 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 12 Maret 2024 oleh pemerintah, banyak umat islam yang kemudian mencari jadwal...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuningan, rencananya akan melakukan pemeliharaan listrik. Pemeliharaan itu, dilakukan dengan cara pemadaman listrik...

Advertisement