Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Berdayakan Pemuda Desa, Mahasiswa Latih Rakit Komputer

KUNINGAN (Mass) – Dalam rangka memberdayakan pemuda di desa-desa pinggiran, para mahasiswa asal Universitas Kuningan (Uniku) berinisiatif mengadakan pelatihan perakitan komputer, Kamis (25/5), di Balai Desa Selajambe Kecamtatan Selajambe Kuningan. Mahasiswa Prodi Sistem Informasi FKom Uniku itu, memberikan materi sekaligus praktek langsung selama hampir lima jam.

“Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja kami di kepengurusan Hima SI Uniku. Ini pun, sebagai upaya kami dari mahasiswa untuk berkontribusi bagi pembangunan daerah, khsususnya pemberdayaan para pemuda di daerah pelosok,” ucap Ketua Hima SI FKom Uniku Fikri Taufik ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Terlebih, dirinya mengaku, pelatihan serupa sebetulnya kerap kali dilakukan di beberapa titik, sebagai tindak lanjut dari komitmen bersama dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan pelatihan komputer di Desa Selajambe ini merupakan yang kesekian kalinya kami lakukan. Sebelumnya juga, kami sudah menyelenggarakan kegiatan ini di desa-desa yang lain,” ungkapnya.

Dijelaskan, kegiatan pelatihan itu dilakukan secara berkelompok, dengan diawali dari pengenalan hardware komputer (perangkat keras) dan dilanjutkan dengan pengoperasian dasar komputer. Lalu, para peserta pelatihan diajarkan pula mengenai instalasi sistem operasi, dan berlanjut dengan pelatihan Office.

“Jadi, itulah beberapa materi dan pelatihan yang kami berikan dalam kegiatan pelatihan komputer. Alhamdulillah respon para peserta cukup antusias,” ujarnya.

Diharapkan, adanya kegiatan ini para pelajar atau pemuda baik yang ada di Desa Selajambe maupun desa lainnya, bisa terus belajar bersama untuk memperdalam ilmu-ilmu komputer  secara gratis. Sehingga nantinya, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Besar harapan kami dari para mahasiswa khususnya Hima SI FKom Uniku, setelah mengadakan pelatihan komputer ini, ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (andri)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Health

KUNINGAN (MASS) – Himpunan Mahasiswa Kebidanan STIKes Kuningan baru saja menggelar seminar kesehatan bertajuk “Membentuk Karakter Remaja dalam Mencegah Perilaku Seks Bebas dan LGBT”,...

Headline

YOGYAKARTA (MASS) – Kabar duka datang dari perantauan Kuningan yang ada di Yogyakarta. Adalah Intan Jelita, mahasiswi ISI asal Kadurama-Ciawigebang, meninggal dunia pada Minggu...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kepengurusan baru Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon periode 2022-2023, resmi dilantik di aula Pendopo Kabupaten Kuningan, Sabtu (29/10/2022) pagi. Pelantikan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 421 mahasiswa STIKes Kuningan yang mencakup program Diploma 23 orang, Program Sarjana 344 orang, dan Program Magister 54 orang mengikuti...

Advertisement