Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Berani Mengeluarkan Uang Ratusan Juta, Berapa sih Penghasilan Kades?

KUNINGAN (MASS) – Hingga saat ini banyak yang tidak habis pikir dengan banyaknya calon Kades yang menyiapkan uang ratusan juta untuk memenangi Pilakdes, sehingga  muncul banyak pertanyaan dari masyarakat berapa sih penghasilan kepala desa?

Kuninganmass.com sendiri mencoba konfirmasi kepada Kepala DPMD Drs Deniawan MSi  melalui Kabid Pemdes H Ahmad Faruk MSi . Menurut Faruk,  penghasilan tetap Kades 2019  pada  kisaran Rp2,3 juta hingga  Rp2,65 juta.

Selain itu juga, ditambah tunjangan lain-lain dari kegiatan, tunjangan dari provinsi dan tunjangan dari hasil pengelolaan eks bengkok. Untuk hasil pengelolaan tanah bengkok setiap desa berbeda-beda tergantung luas dan kesuburan lahan tersebut.

“Memang sih ada yang bisa sampai Rp8 juta/bulan. Namun itu  dari berbagai sumber yaitu bagi desa yang bengkoknya luas dan subur,” tandasnya Faruk.

Ia menerangkan, kedepanny Siltap Kades dan Katdes akan naik. Untuk Siltap minimal Katdes (perangkat desa)  Rp2.022.200. Selama ini penghasilan Katdes Rp1,2 juta  atau Rp1,3 juta . Itu dari siltap saja, belum dengan tunjangan dan hasil bengkok.

“Kalo penghasilan Siltap Kades minimal di Rp2,3 juta-an . Aturan ini akan diberlakukan  mulai tahun 2020. Hal ini sudah diketahui Kades dan Katdes,” jelasnya.

Sekedar informasi ada 203 desa yang akan menggelar Pilkades dengan calon 564 orang. Saking ngebetnya ingin  menang tidak sedikit calon yang berani membeli suara dengan harga ratusan. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement