Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Banyak Manfaatnya, Eceng Gondok Waduk Darma Dibuang Percuma

KUNINGAN (MASS)-  Mulai Senin-Kamis (25-28/3/2019)   Pokmaswas beserta petani KJA,  Dinas PUPR , BPBD Kuningan, LSM Akar dan PDAU Kuningan secara bersama-bersama menyingkirkan eceng gondok yang menutupi pinggiran Waduk Darma. Eceng paling parah menutupi  area obyek wisata, sehingga hal ini terlihat kotor oleh para pengunjung.

Eceng yang disingkirkan sendiri jumlahnya sangat banyak dan diangkut menggunakan truk sampah. Dari keterangan Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Perairan Umum Jawa Barat Umar Hidayat , luas eceng yang tumbuh adalah 30 meter atau luas eceng berkisar 200 meter X 30 meter.

‘Saat ini kami hanya bisa menyingkirkans saja dan membuangnyake TPA. Hal ini Karena tidak ada yang memafatkan. Padahal manfarnya sangat banyak,” ujar Umar.

Ia mengatakan, kegiatan pemberisihan eceng merupakan agenda rutin. Kebetulan dengan rencana kedatangan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke waduk Darma.

“Kami ingin pemberisihan  tidak berhenti sampai disini, tapi secara rutinitas dilaksanakan supaya tidak terkesan kumuh. Kedepan dinas intansi terkait diharapkan bisa lebih memperhatikan sarana dan prasarana ( bak sampah permanen di titik-titik tertentu di area pinggiran waduk darma (TPS) dan mobilisasi anggutan sampah eceng ke TPA,” ujar Umar.

Dikatakan,  Pokmaswas beserta petani ikan KJA siap bermitra dalam hal kelestarian dan kebersihan Waduk Darma selama ada bentuk perhatian dari intansi terkait terhadap Pokmaswas yang selama ini hanya dan selalu dipinta bantuannya saja.

Dari informasi kuninganmass.com  himpun dari berbagai sumber ternyata eceng gondok banyak manfatanya. Manfaatnya itu adalah menyediakan vitamin untuk tubuh, mengobati penyakit maag, meredakan gatal pada kulit.
Selain itu juga mengatasi sakit gigi, pembersih polutan logam berat, bisa dimanfaatkan untuk kerajinna tangan. Kemudian, bisa digunakan untuk pupuk organik, bahan pembuat kertas, pakan ternak dan media pertumbuhan jamur.
Semoga ada pihak memanfatkan limbah tersebut sehingga bermanfaat karena setiap tumbuh yang diciptakan Allah ada manfaanya, sehingga kembali kepada kejelian warga Kuningan. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan PDAU adalah Waduk Darma. Saat  memang tengah terus diperindah. Bahkan untuk revitalisasi tahap II...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Perusahan Daerah Aneka Usaha yang bertranformasi ke Perumda Aneka Usaha mulai menunjukan geliatnya. Hal ini sering dengan adanya nahkodad baru yakni...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus merupakan hari spesial karena merupakan HUT RI. Karena spesial maka banyak pihak memanfaatkan momen itu untuk berbagai promo. Hal...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Berkunjung ke tempat wisata tidak melakukan selfie rasanya ada yang hambar, maka tidak aneh pengelola objek wisata berlomba membuat spot foto...

Advertisement