Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Bank Data Koperasi dan UMKM/KM Segera terwujud, 40 Orang Ikut Pelatihan Aplikasi

KUNINGAN (MASS) – Sekda Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi membuka secara resmi Pelatihan Aplikasi Bank Data Koperasi dan UMKM/KM Tahun Anggaran 2021 di Meating Room Diskopdagperin, Kamis (25/2/2021).

Dengan banyaknya koperasi UMKM/KM perdagangan dan industri yang belum berhasil karena kesulitan dalam permodalan.

Selain itu juga masih banyaknya koperasi UMKM perdagangan dan perindustrian yang belum terdata di Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan Dan Perindustrian melakukan inovasi baru dengan membuat aplikasi.

“Inovasi baru dengan membuat aplikasi Bank Data ini untuk menghimpun data koperasi UMKM/IKM dan perdagangan yang ada di kabupaten kuningan,” sebut sekda.

Lebih lanjut sekda menjelaskan aplikasi tersebut untuk mengumpulkan data koperasi, UMKM/IKM dan Perdagangan yang ada di Kabupaten Kuningan agar akurat serta dapat di update setiap waktu.

Selain itu, aplikasi tersebut juga sebagai acuan dalam kegiatan pengumpulan data dan memantau koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian sehingga dapat tercipta tata kelola data yang akurat, akuntabel, serta dapat di update setiap waktu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Adanya aplikasi bank data ini Sekda berharap, dapat menjadi solusi konkrit atas keberadaan koperasi dan pelaku UMKM/IKM.

Serta untuk perdagangan aplikasi bank data ini dapat dimanfaatkan oleh SKPD lain yang membutuhkan, sehingga apabila ada program untuk Koperasi,  pelaku UMKM/IKM, dan perdagangan dapat tepat sasaran.

Kunci keberhasilan tersajinya bank data koperasi dan UMKM/IKM yang akurat dan akuntabel ada pada pundak operator. Dengan begitu untuk operator pada saat penginputan data diwajibkan untuk mendata terlebih dahulu kepada koperasi dan pelaku UMKM/IKM dan Perdagangan diwilayah kerjanya masing-masing.

“Tentu dengan mengisi formulir yang telah disediakan yang ditandatangan oleh pemilik usaha dan diketahui oleh Kepala Desa dan Camat setempat,” ujar Sekda Dian lagi.

Dengan begitu, sebagai langkah awal membangun Bank Data pada hari ini didakan pelatihan untuk operator Aplikasi Bank Data Koperasi dan UMKM/IKM tahun anggaran 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda meminta kepada seluruh operator Kecamatan untuk mendata koperasi pelaku UMKM/IKM dan Perdagangan secara benar sesuai dengan kenyataan dilapangan setelah input data awal selesai, operator harus setiap saat untuk mengupdate data.

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan hadir pula Kepala Dinas Kopdagperin U Kusmana MSi selaku penyelenggara kegiatan beserta jajaran Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan.

“Ini keinginan saya sejak lama dan alhamdulillah segera terrwujud,” jelasnya. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabar duka datang dari Kantor Kopdagarin (Koperasi perdagangan dan Perindustrian) Kabupten Kuningan, dimana salah seorang pejabat eselon IV bernama Iip Sartapi...

Education

KUNINGAN (MASS)- Dewan Pendidikan Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan dengan Koordinator Komite Sekolah Kecamatan, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan, MKKS SMP dan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Tata kelola pengadaan/barang/jasa yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) perlu ditingkatkan agar sesuai dengan prinsip efisien, efektif, transparan, pemberdayaan masyarakat,...

Government

KUNINGAN (MASS)- Senin (5/11/2018) merupakan hari istimewa bagi Sekda baru yakni DR H Dian Rachmat Yanuar MSi  karena Senin pertama  mengikuti apel sebagai Sekda....

Advertisement