Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Atasi Masalah Psikis, Launching Layanan Konsultasi Online

KUNINGAN (MASS) – Situasi pandemi memaksa manusia untuk kreatif, beradaptasi dengan kondisi supaya tetap produktif.

Salah satunya dengan memperbanyak terobosan dengan memanfaatkan teknologi informasi, digitalisasi.

Seperti yang juga dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PKM UMY) yang bermitra dengan STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Terobosan yang dilakukan Tim PKM sendiri, yakni mengadakan web konsultasi online yang dinamakan Kopirema.com, akronim dari Konsultasi Psikologi Remaja dan Mahasiswa yang dilaunching secara virtual pada Kamis (15/7/2021).

Pada Softlaunching tersebut, selain dihadiri Tim PKM UMY dan Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, , hadir juga dosen dan mahasiswa dari kedua kampus tersebut.

Kopirema sendiri merupakan luaran dari PKM yang diketuai oleh Dr. Muhammad Samsudin M Ag.

Dalam sambutannya, dirinya mengatakan Kopirema ini mengusung visi “Menjadikan Remaja dan Mahasiswa Bersih Hatinya, Cerdas Pikirnya, Cerah Masa Depannya”.

“Di Kopirema, pengunjung bisa temukan artikel konsultasi yang dapat membantu masalah psikis, bisa tanya jawab dengan konselor dan bisa konsultasi langsung dengan konselor.

Pengunjung juga bisa menuliskan pengalaman baik dalam menyelesaikan masalah dan berbagi dengan remaja dan mahasiswa lainnya,” sebutnya.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kerjasama yang kesekian kalinya antara kedua kampus.

“Layanan ini sangat strategis karena di masa pandemi banyak aktivitas ditransformasikan menjadi layanan online. Nama Kopirema juga mencerminkan kebermanfaatan untuk kaum milenial,” ujarnya dalam sambutan.

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa yang hadir pada softlaunching juga mencoba langsung menggunakan layanan konsultasi online dengan mengajukan beberapa permasalahan pada fitur tanya jawab.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Beberapa diantaranya mengutarakan masalah tentang belajar, cinta, pergaulan, reproduksi, komunikasi, agama dan masa depan.

#sijbignsyaallah ini awalan yang baik untuk menebar manfaat bagi remaja dan mahasiswa di Indonesia”, tutur Sofhian Fazrin selaku anggota TIM PKM dn juga Dosen Pendidikan TIK. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Terjadinya penurunan level PPKM dari level 4 menjadi PPKM Level 3 yang diterapkan di Kuningan, tidak membuat kegiatan operasi yustisi yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Advertisement