Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Asal Nama Cigugur, Bukan Karena Banyak Guluduk

CIGUGUR (MASS) –Asal mula sebuah nama desa biasanya berkaitan dengan sejarah dibelakangnya, entah itu sekedar fakta sejarah atau mitos dan cerita rakyat yang diturunkan secara lisan. Termasuk salah satu wilayah yang berada di ujung selatan Kuningan, Cigugur. Kelurahan yang saat ini dikenal karena banyaknya peternakan sapi serta penghasil susu tersebut, ternyata memiliki kisah tersendiri.

Salah satu sesepuh di Kelurahan Cigugur yang kini aktif juga di Paseban, Subrata menceritakan bahwa Cigugur memiliki asal nama yang berbeda, pasalnya daerah tersebut dahulu dikenal dengan wilayah Padora. Konon nama tersebut diambil dari nama seorang sakti yang bernama Ki Gede Padora.

“Tapi saking saktinya, jadi banyak yang nantang adu ilmu, yang adu ilmu itu kalah semua, gugur semua, jadilah dikenal Eyang Cigugur,” terangnya saat ditemui kuninganmass.com Rabu (8/1/2020) siang.

Eyang Cigugur sendiri merupakan sebutan bagi Buyut Bayantaka atau Buyut Plumbon. Subrata sendiri mengakui ada beberapa versi cerita tentang nama buyut Cigugur.

“Sanes, sanes pedah eta (guluduk, petir/gugur, red)” saat coba ditanyai Cigugur ada kaitannya atau tidak dengan istilah gugur dalam bahas sunda yang artinya petir atau gledek.

Ada sedikit versi lain dari cerita yang dikemukakan Subrata. Konon Cigugur diambil dari meninggalnya Buyut Cigugur dengan cara yang “moksa” dalam ajaran Hindu Budha, gugur. “Buyut Cigugur kembali pada yang maha kuasa secara utuh, beserta raganya,” terangnya.

Diterangkan Subrata, bahwa Eyang Cigugur hidup sezaman dengan Syekh Gunung Jati. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Sport

KUNINGAN (MASS) – Dampak lain di masa pandemi ini, bisa dibilang menjamurnya pesepeda. Baik itu perorangan maupun komunitas. Salah satunya adalah Gasikk, Gowes Asik...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Sabtu (13/2/2021) Februari tersaji pertandingan yang bertajuk persahabatan antar Berkah FC menghadapi tamunya Club80’s yang sama sama berasal dari kota...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Animo masyarakat Kuningan di sepakbola memang sangat tinggi. Terbukti, belakangan banyak sekali muncul tim futsal atau football bahkan akademi. Salah satunya...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama melepas 4 Atlet Tarung Bebas Mushad fighting Camp asli dari Desa/Kecamatan Cibingbin. Mereka  akan berlaga di Kota...

Advertisement