Ratusan Siswa Ikuti Rekruitmen Poljar

KUNINGAN (Mass) – Ratusan siswa dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan tampak antusias mengikuti proses seleksi wawancara dalam perekrutan Polisi Pelajar (Poljar) di gedung Graha Jananuraga Mapolres, Jumat (12/8). Kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun itu sebagai bentuk regenerasi dari Poljar sebelumnya.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kuningan, Aiptu Ade Sudrajat kepada awak media mengaku, antusias pelajar yang ikut dalam seleksi tahun ini cukup tinggi. Ada sebanyak 535 siswa yang masih duduk di kelas X hingga XI dari sejumlah SMA sederajat mengikuti rekruitmen Poljar.

“Pada tahun ini banyak sekali yang mendaftar, ada sebanyak 535 siswa ikut seleksi. Namun, kuota yang ada hanya akan menerima sekitar 200 orang saja, jadi kita sangat ketat pada tiap tahapan tes,” sebutnya.

Proses seleksi itu sendiri kata Ade yang juga Pelatih Poljar, dilakukan dengan beberapa tahap. Seleksi perekrutan Poljar harus melalui beberapa tes seperti pengukuran tinggi badan, wawancara serta kesamaptaan jasmani.

“Poljar ini akan menjadi kepanjangan-tangan Polres Kuningan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat khususnya di sekolah. Dengan pemahaman dasar tentang tugas dan fungsi kepolisian yang mereka miliki pada saat menerima materi selama masa pembelajaran tentang dasar Kepolisian, diharapkan bisa membantu dalam menjaga kondusifitas dilingkungannya,” harapnya.

Salah satu peserta seleksi dari siswa SMKN 1 Luragung, , Dedeh Muhayah mengaku, sangat senang bisa mengikuti proses seleksi Poljar yang digelar Polres Kuningan. Dengan restu dari orang tuanya, Dedeh sangat berharap bisa diterima dan lolos menjadi Poljar.

“Saya sangat senang mengikuti seleksi ini dan berharap bisa lolos menjadi Poljar di Polres Kuningan. Karena, selain mencari pengalaman juga dapat menambah pengetahuan dan memiliki banyak kawan, tapi yang terutama dapat menjadi lebih mendisiplinkan diri,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com