Peringatan Hari Pramuka ke 59, Terdepan Bergerak Membantu Penanggulangan Covid-19

CILIMUS (MASS)-  Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 Tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Kuningan diselenggarakan secara sederhana.

Meski begitu acara  yang dipusatkan di Aula Kantor Kwarcab setempat Jalan Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus pada Sabtu (19/9/2020) itu penuh khidmat.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Kuningan (Ketua Mabicab) H Acep Purnama SH MH, MH, Wakil Bupati (Wakil Ketua Mabicab) H M Ridho Suganda, SH MSi. Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar, dan Ketua Kwarcab Paramuka Kuningan, Rana Suparman, SSos beserta Andalan Cabang.

Hadir pula para Pimpinan Satuan Karya, Satuan Komunitas Pramuka, dan Para Ketua Kwartir Ranting dari seluruh Kecamatan yang mengikuti acara melalui aplikasi Zoom.

Ketua Kwarcab Pramuka Kuningan, Rana Suparman, mengatakan, gerakan pramuka harus memiliki konsep yang jelas agar dapat meraih tujuan utama dalam organisasi kepanduan tersebut, yakni regenerasi kepemimpinan.

“Karena bangsa Indonesia memerlukan regenerasi kepemimpinan yang unggul dimasa depan,” ujarnya.

Kwarcab tidak hanya mengolah anggaran, tapi lebih dari itu ialah mengolah target pramuka dengan membentuk jati diri kader pramuka yang terikat dan terbingkai oleh Tri Satya dan Dasa Darma, sehingga kader pramuka akan siap mengarungi berbagai dinamika bangsa.

Peringaatan Hari Pramuka ini, harus dijadikan momentum untuk menjadikan pramuka sebagai kekuatan untuk membangun bangsa, dan merepleksikan diri agar pramuka memilki arti di tengah-tengah masyarakat, selaras dengan syair dalam Himne Pramuka “Satyaku Kudarmakan, Dharmaku Kubaktikan.

Sementara, Bupati Kuningan mengemukakan, dengan bertambahnya usia gerakan pramuka yang ke-59 tahun, gerakan pramuka menjadi semakin dewasa dan sukses dalam menjalankan amanat negara, dalam membina dan mendidik kaum muda menjadi insan yang beraklaq mulia, berpengetahuan, berbudi luhur dan mempunyai keterampilan.

Oleh karenanya Bupati berharap, gerakan pramuka terus membawa pesan positif kepada masyarakat. Apalagi, dimasa pandemi Covid-19 ini, gerakan pramuka mampu membantu pemerintah melakukan edukasi dan sosialisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 serta bencana alam lainnya.

“Selaras dengan tema peringatan Hari Pramuka kali ini yakni, “Terdepan Bergerak Membantu Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang saat ini menjadi masalah besar bagi seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia,” tututrnya.

Selanjutnya Bupati berpesan, agar pramuka untuk terus berkarya, lebih maju dan lebih menunjukan eksistensinya ditengah masyarakat, terutama dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Semoga gerakan Pramuka lebih maju. lebih menunjukkan eksistensi, dan lebih bisa berbuat banyak ditengah masyarakat,” ujarnya (agus).