Pengerjaannya Butuh Waktu Tiga Bulan

KUNINGAN (Mass)-  Amblasnya ruas jalan nasional yang menghubungkan Kuningan-Cikijing di Desa Kawah Manuk  Kecamatan Darma sangat parah. Ini terbukti dengan lebar tanah yang amblas sepanjang 13 meter.

Kemudian panjang jalan yang amblas mencapai 30 meter. Sedangkan  kedalaman berkisar antara 7-10 meter. Dugaan sementara tanah amblas karena terjadi penyumbatan di gorong-gorong.

Ketika hujan deras dua gorong-gorong tersebut tidak bisa menampung air. Di sisi lain banyak sampah yang menyangkut sehingga terjadi genangan dan akhirnya amblas karena tidak kuat menahan beban.

“Kalau melihat kondisi kerusakan jalan diprediksi membutuhkan waktu tiga bulan. Kami berharap bisa selesai lebih cepat karena kan sebentar lagi menjelang lebaran,” ucap Bupati Kuningan H Acep Purnama MH.

Acep yang didampingi Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kuningan Ir H Jajat Sudrajat MSi, menjelaskan selain melaporkan kondisi jalan nsional yang amblas, ia juga memberikan masukan bahwa di ruas jalan tersebut juga ada beberapa potensi dimungkinkan terjadi amblas kembali.

Seperti contoh lanjut dia, di lokasi di sebelah Pom bensin. Untuk itu pihaknya berharap pemerintah atau PU melakukan perbaikan sekaligus di titik yang dinilai rawan.

“Kejadian ini murni bencana alam. Kalau sudah bencana alam saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Kejadian ini terjadi dimana akibat intensitas hujan yang sangat tinggi akhir-akhir ini,” tandas mantan Ketua DPRD Kuningan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, insiden jalan amblas terjadi sekitar pukul 05.30. Lokasinya berkisar 300 meter dari pom bensin Darma. (andri)

 

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com