Penanganan Korban Pergerakan Tanah di Cimeong Sudah Sampai Mana?

KUNINGAN (Mass)- Meski terjadi bencana banjir bandang di Kecamatan Cibingbin. Namun, bukan berarti pemerintah melupakan korban pergerakan tanah di Dusun Cimeong Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru.

Saat ini pemerintah tengah melakukan pembukaan lahan untuk dijadikan tempat relokasi para korban. Total lahan yang disediakan adalah 2 hektar dan lokasinya berada di Dusun Ciendog Blok Cisalak Desa Cilayung.

“Saat ini tengah dilakukan pembukaan lahan dengan menggunakan alat berat,” ujar  Kepala Dinas  Perumahan Permukiman  dan Pertanahaan Kabupaten Kuninngan H M Ridwan Setiawan SH MSi kepada kuninganmass.com.

Di lahan seluas 2 ha itu akan dibangun 60 unit rumah dengan tipe 36. Untuk bangunanya tipe semi permanen. Hal ini agar kokoh dan tahan bencana.

Dikatakan,  untuk dana pembangunan rumah tersebut bersumber dari APBD provinsi  dengan total Rp7,5 miliar. Saat ini pembangunan tengah dikebut sehingga ditargetkan beres  secepatnya.

“Untuk pembangunan rumah ditarget beras dua bulan sehingga sebelum lebaran mereka sudah menempati rumah baru,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Agus Mauludin SE menerangkan, untuk korban yang sempat tinggal di tenda dan juga sekola sekarang sudah ke rumah.  Namun, untuk sementara mengungsi di rumah saudaranya.

“Kami terus berkerja agar warga di Dusun Cimeong kembali kehidupan semula. Minta doanya saja dari seluruh warga agar proses pembangun rumah ditempat baru berjala lancar,” ucap Agus. (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com