Munggahan, Harga Daging Sapi Melambung

KUNINGAN (Mass)-  Seperti tahun sebelum, setiap menjelang puasa harga daging naik. Faktor munggahan dimana banyak pembeli membuatnya harganya melambung tinggi.

Dari pantauan kuninganmass.com harga daging sapi yang biasa Rp110 per kilo gram, Jumat pagi mencapai Rp130 ribu-Rp140 ribu. Sedangkan harga daging kambing hanya naik Rp10 ribu atau dari Rp110 ribu menjadi Rp120 ribu.

Sementara daging ayam hanya naik Rp2.000 per kilo gram dari semula Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu. Selain daging-daging harga yang mengalami kenaikan adalah ikan mas dari Rp27 ribu menjadi Rp28 ribu.

Begitu juga  ikan nila semula Rp26 ribu menjadi Rp27 ribu. Sedangkan lele dumbo dari Rp24 ribu menjadi Rp25 ribu. Untuk sayuran hanya kentang yang naik Rp1000, dari semula Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu.

Sementara bawang putih yang sempat menembus Rp60 ribu/kg kini semakin menurun menjadi Rp45 ribu. Penurunan dipicu adanya impor bawang dari india dan Cina.

“Daging yang melambung karena sudah menjadi tradisi kalau mungggahan membeli daging,” ucap Arisman petugas pendata di dua Pasar Tradisional milik Pemkab Kuningan, Jumat kepada kuninganmass.com.

Terpisah, Kadisperindag Kuningan Agus Sadeli MPD menyebutkan, dengan adanya berbagai kegiatan pasar murah maka harga bisa ditekan. Untuk harga daging meski disediakan daging beku Rp80 ribu warga masih memburu daging segar.

“Sebenarnya daging beku itu sama saja dengan daging segar kualitasnya, asal disiram terlebih dahulu sebelum diolah,” ucap Agus yang menyebutkan harga stabil karena stok berlimpah. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com