Karang Taruna Ikut Bantu Lawan Corona

KUNINGAN (MASS)- Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuninga terus meninggkat. Hal ini dengan dinyatakanya satu pasien positif. Selain itu ada empat orang yang saat ini dirawat karena masuk kategori PDP atau pasien dalam pengawasan. Sedangkan kasus ODP atau orang dalam pengawasan melonjak tajam hingga 305 orang.

Melihat kondisi sepert itu, Forum Karang Taruna Kabupaten Kuningan tergerak untuk membantu. Hal ini mereka lakukan dengan aksi kepedulian melawan Korona (Covid-19).

Pada Sabtu (28/3/2020) mereka melakuka aksi itu di wilayah perbatasan Kabupaten Kuningan. Aksi sosial itu  berupa pengiriman bantuan ke Posko Crisis Center dan distribusi stiker himbauan kepada masyarakat di enam titik posko chek poin  yang berada di di wilayah perbatasan kabupaten Kuningan.

Enam titik yang menjadi target aksi kepedulian melawan corona  adalah Tugu Ikan Sampora, pertigaan Pakembangan-Pancalang, Pandapa Paramarta, Cipasung, Cikeusik, dan Tugu Perbatasan Cibingbin. Aksi kepedulian tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Kuningan, Carlan SPd MMPd.

Untuk mempercepat proses aksi tersebut Carlan membagi Tim Aksi kedalam 3  tim yang mewakili tiga wilayah perbatasan Kabupaten Kuningan. Tim I bertugas di perbatasan wilayah utara dipimpin langsung oleh Carlan.

Tim II bertugas di wilayah Kuningan kota dan perbatasan Kuningan Selatan dibawah Wakil Ketua I Nono Suhartono, BA dan Titin Suhartini, SPd MM sebagai Wakil Ketua II bertugas mengawal aksi di wilayah perbatasan Kuningan Timur.

Sebelum melaksanakan tugas Elon mengamanatkan empat hal sebagaimana yang tercantum dalam surat tugas nomor 01/ST-PKT/KNG/III/2020. Kempat hal itu  adalah  melaksanakan kampanye pencegahan penyebaran Covid-19  melalui penyebaran stiker dan leaflet.

Kemudian,  mendistribusikan bantuan dukungan akomodasi ke 6 Pos Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan. Lalu, Pelaksanaan Tugas hari Sabtu, tanggal 28 Maret 2020, dengan lokasi terlampir, mematuhi ketentuan prosedur dan keamanan diri, selama melaksanakan tugas.

Saat dikonfirmasi mengenai aksi ini, Elon sapaan akrab ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan didampingi Sekretaris Umum mengatakan, yang terdekat pihak KT akan mencoba menggarap desa-desa yang belum melakukan penyemprotan.

Selain itu, monitor pontren-pontren yang tidak membubarkan santrinya, dan mencoba sowan ke TNI, Polri untuk minta ijin pelibatan karang taruna dalam mewaspadai mobilisasi penduduk, terutama perantau di lingkungan masing-masing agar melalkukan SOP, termasuk karantina mandiri (14 hari).

Elon berharap seluruh warga karang taruna baik yang ada di kecamatan maupun desa berperan aktif dalam menghadapi pandemic Covid-19. Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran dan pengurus karang taruna yang telah melaksanakan aksi kepedulian melawan corona di diwilayahnya masing-masing.

“Aksi ini dilakukan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuningaann karena saat ini ada yang positif dan jumlahnya terus naik ”, ujar Kabid Dikmas Paud Disdikbud Kuningan itu. (agus)