Inilah Cara Pemuda Kalimanggis Membangun Desanya

KUNINGAN (Mass) – Ada banyak hal yang mampu dilakukan para pemuda untuk membangun kampung halamannya, salah satunya yakni ikut terlibat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Seperti yang dilakukan Himpunan Remaja Cidahu Kalimanggis (Hiracika) misalnya, dengan menggandeng RSU Kuningan Medical Center (KMC) Kuningan, unit Karang Taruna Desa Kalimanggis Kulon itu mengadakan pengobatan gratis bagi warga masyarakat setempat.

“Kalau dari data yang telah kami kumpulkan, tercatat ada 315 orang yang ikut kegiatan pengobatan gratis. Itu tidak terlepas dari keaktifan warga setiap dusun sewilayah Desa Kalimanggis Kulon dan beberapa desa tetangga,” ucap salah seorang Pembina Hiracika Aef Wakin SSos MM kepada kuninganmass.com usai pengobatan gratis digelar, Rabu (22/2).

Baginya, adanya kegiatan itu sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial para pemuda terhadap    peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bahkan, antusias warga yang datang untuk berobat melebihi dari target awal yang telah ditentukan.

“Target awal kami hanya 150 orang, tetapi karena faktor cuaca yang tak beraturan dan kebetulan banyak yang sakit, warga yang datang ternyata lebih dari itu.  Tak hanya dari setiap dusun saja yang ikut berpastisipasi, sebagian warga dari desa Kalimanggis wetan, Partawungunan, Cihideung Girang dan Kadurama ikut juga ternyata,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kesekretariatan RSU KMC Kuningan Agus Sucipto SB menyampaikan banyak terima kasih, kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan tersebut.

“Memang, pada dasarnya program pengobatan gratis ini adalah sebagian program Corporate Social Responsibility (CSR), dari penghasilan yang diperoleh dan disalurkan untuk masyarakat Kuningan, atas kebijakan Pak Direktur Dr Toto Taufik Rohman,” terangnya.

Dikatakan, momen pengobatan gratis juga dijadikan sebagai sarana sosialisasi tiga program unggulan dari RSU KMC Kuningan. Ketiga program unggulan itu yakni pertama jika rawat inap TNI/POLRI naik tingkat maka tidak dikenakan biaya, kedua bila PNS sakit diberikan diskon 50 persen apabila naik satu tingkat rawat inap, dan ketiga apabila masyarakat biasa diberikan diskon 20 persen dengan syarat menjadi anggota SDT (Sadulur dr Toto).

“Kami di KMC mensuport apabila ada warga masyarakat melalui karang taruna setempat, akan kami bantu melalui tiga program unggulan dan program dari CSR. Harapannya, semoga Hiracika terus berjalan dan jaya terus dalam mengembangkan program-programnya,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com