Atlet Porda Uji Tanding Bareng PBSS-PAKSI

KUNINGAN (Mass) – Uji tanding pencak silat yang dilakukan antara PBSS Pencak Silat Club Kuningan bersama Perguruan Silat Silat Pusaka Arya Kamuning Seluruh Indonesia (PAKSI) Kota Cirebon serta PAKSI Brebes Jateng, diikuti pula atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XII di Padepokan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kuningan kemarin, Senin (30/1).

Para atlet pencak silat yang sempat meraih medali di ajang bergengsi empat tahunan Kota Cirebon itu diantaranya Assrul Sallahudin, M Alan Muhyidin dan lainnya. Ditambah, para atlet ternama di tingkat pelajar yang menjuarai Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Nasional (Popwilnas) dan Pospenas.

Ketua PBSS Pencak Silat Club Kuningan (PS Bima Suci SMANTIKA) Iyan Irwandi SIp mengakui, tadinya PBSS yang akan mengunjungi PAKSI Kota Cirebon untuk silaturahmi sekaligus uji tanding hasil latihan selama ini, supaya bisa diketahui kelemahan dan kekurangan yang mesti dievaluasi.

“Namun malah sebaliknya, dari pihak Perguruan Silat PAKSI Kota Cirebon ditambah dengan PAKSI Kabupaten Brebes Jateng malah ingin berkunjung kesini. Akhirnya, kami tetap menerimanya demi terciptanya jalinan silaturahmi antar pesilat,” ujarnya.

Sedangkan dalam pelaksanaan uji tanding itu sendiri, atlet-atlet PBSS Pencak Silat Club yang di dalamnya terdapat atlet Pospenas, berhadapan dengan atlet-atlet yang sudah makan garam di dunia persilatan karena mereka pernah tercatat sebagai juara di even-even bergengsi, termasuk Porda Jabar dan Popwilnas.

“Uji tanding kali ini cukup seru, karena baik di kelas junior maupun senior, semuanya mengeluarkan teknik-teknik terbaiknya sebagai ajang untuk mengukur kemampuan hasil latihan selama ini. Alhamdulillah, selama kegiatan dari pagi hingga sore dapat berjalan lancar sesuai harapan,” kata Iyan diamini Pelatih Arisman dan Jajang Sujana.

Ketua Perguruan Silat PAKSI Kota Cirebon H Agus Muharam didampingi pelatih Fadoli menuturkan, uji tanding kali ini bukan mencari siapa yang terbaik, tetapi sebatas silaturahmi antara sesama pesilat dan untuk mengukur hasil latihan serta penyerapan materi teknik yang diajarkan pelatih. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com