Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Regional

Ajak Lawan Pelecehan Seksual di Transportasi Umum, PT KAI Lakukan Ini

CIREBON (MASS) – Sebelumnya, ramai diberitakan dan menyebar video dugaan tindakan pelecehan seksual, oleh dan pada penumpang di kereta api.

Merespon hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan kampanye melawan pelecehan dan kekerasan seksual, secara serentak di beberapa stasiun se-Jawa Sumatra, termasuk di Daop 3 Cirebon (Stasiun Cirebon dan Stasiun Jatibarang – Indramayu).

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, tujuan ajakan dan kampanye ini, agar masyarakat tergugah untuk melawan tindakan pelcehan dan kekerasan seksual di tranposrtasi umum, termasuk kereta.

“Kami (PT KAI) selalu berkomitment untuk mewujudkan transportasi kereta sebagai transportasi yang aman, sehat, nyaman dan cepat bagi pelanggan,” ucapnya, Rabu (29/6/2022) setelah kampanye.

Kampanye melawan tindakan pelcehan dan kekerasan seksual ini, dilakukan PT KAI Daop 3 di Stasiun Cirebon bersama 15 anggota Pramuka Kwarcab Kota Cirebon.

Dalam kampanye tersebut, ditampilkan pula icon khas Kota Cirebon seperti kampanye menggunakan kostum penari topeng. Kampanye, juga diisi orasi, pembagian stiker, dan pemberian souvenir berupa boneka, bunga dan mug pada para penumpang KA.

Pesan-pesan ajakan lawan pelecehan dan kekerasan seksual bukan hanya disuarakan melalui pengeras suara, tapi juga melalui poster, pamflet dan stiker. Di kegiatan itu, penumpang diajak menandatangani petisi anti kekerasan dan pelecehan seksual.

“Petugas KAI Daop 3 Cirebon baik di stasiun maupun di atas kereta api akan terus bersiaga jika terjadi tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Tapi, kita juga tetap meminta kepada pelanggan KA agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual. Mari jadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyenangkan dan sehat baik saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh,” ajaknya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sebelumnya, Erick Thogir, Mentri BUMN yang juga menaungi PT KAI, sempat memberikan penghargaan pada kondektur yang melindungi pelanggan perempuan daru tindakan pelecahan seksual, Sabtu (25/6/2022) lalu.

Erick juga mengapresiasi tanggapan KAI, dan berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada petugas jika ada indikasi pelecehan seksual. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kuningan Dr Elon Charlan menyampaikan kabar bahagia untuk masyarakat yang ingin bekerja di Badan Usaha Milik Negara...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Dilepasnya harga minyak goreng ke mekanisme pasar, membuat keprihatinan banyak pihak. Hal itu, ternyata bukan hanya dirasakan konsumen di bawah. Bahkan,...

Education

JALAKSANA (MASS) – Pada bulan suci Ramadhan tahun ini, HK Peduli menebar santunan kepada 1000 anak yatim. Kegiatan tersebut buah kerjasama dengan 4 BUMN...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pada akhir bulan November 2018 Kajari Kuningan  Adhyaksa Darma Yuliano pernah mengatakan kepada wartawan tangah menggarap kasus KUR fiktif. Bagaimana perkembangan kasus...

Advertisement