Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Acep ‘Tunduk’ Ke Pemerintah Pusat Soal Geothermal

KUNINGAN (MASS) – Rencana Geothermal di Kuningan semakin santer kembali terdengar belakangan ini. Apalagi setelah sebelumnya, pemda Kuningan menerima kunjungan dari kementrian ESDM beberapa waktu lalu tepatnya Kamis (10/6/2021) lalu.

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH sendiri, baru-baru ini mempertegas bahwa diirnya bukanlah dalam kapasitas menolak atau menyetujui rencana eksplorasi panas bumi tersebut. Dirinya menjelaskan itu kewenangan pusat. Terlebih, menurut Acep, saat ini kementrian ESDM ‘hanya survei’.

“Adanya penolakan, sah-sah saja. Tapi saya mohon beri kesempatan. Dari kementrian ESDM kan (datang) melakukan survey. Hati-hati lho, kita ini kan NKRI, diatas kita ada pemerintahan pusat. Ini dari kementrian ESDM, bukan orang lain. Berikan kesempatan itu aja dulu (survey),” pintanya.

Meski mengaku tidak dalam kapasitas menyetujui dan menolak. Tapi yang jelas, Acep mengatakan mendukung kebijakan yang akan melakukan survey. Apalagi, Kementrian ESDM datang dengan santun, dan ada komunikasi terlebih dahulu pada dirinya sebagai bupati dan pemeritah daerah.

“Kita mah tunggu survey, dukung. Kalo belum apa-apa sudah gak boleh, ya gak bisa juga gak ada alasan. Saya mah sangat menyayangkan (yang menolak sejak sekarang),” imbuhnya.

Dirinya menampik, jika ada tudingan-tudingan yang menuduhnya punya kepentingan tertentu. Acep hanya meminta waktu dan kesempatan.

“Survey ini kan mulai dari pemetaan dulu geografisnya, ekologi, berdasar analisis-analisis kimia. Kita yakin, mereka (kementrian) lebih ahli,” sebutnya.

Menurutnya, selain dirinya tidak kapasitas menyetujui dan menolak, Acep menjelaskan kementrian juga sebenarnya tidak butuh ijin daerah.

“Biarkan survey dulu. Ya sebagai (kepala) daerah, kan harus mendukung atas rencana atasan, rencana pemerintah pusat (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Bank Kuningan

PD

PKB

PAM

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) –  Untuk kesekian kalinya ULP PLN  Kuningan kembali melakukan pemeliharaan jaringan listrik dan gardu dibeberapa titik, sehingga  pada Kamis  (28/10/2021) akan dilakukan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada Rabu (27/10/2021) ini, masyarakat Dusun Manis Desa Pagundan Kecamtan Lebakwangi menggelar peringatan maulid nabi Muhammad SAW dengan tertib. Selain peringatan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada Sabtu (30/10/2021) nanti, masyarakat Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar akan menggelar peringatan maulid. Ketua pelaksana kegiatan Dendi Prasetya Ramadhana menyebut, kegiatan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Majelis Dzikir dan Mudzakarah Al Ikhlas, Yayasan Al Aziz Mubarak Desa Kertaunggaran Kecamatan Sindangagung menggelar maulidan pada Selasa (26/10/2021) malam. Pada...

Advertisement