Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Acep Sawer Dana Sosial ke Ribuan Warga

KUNINGAN (Mass)- Bupati Kuningan H Acep Purnama MH memberikan bantuan kepada 5.133 orang. Bantuan yang berjumlah ribuan itu berasal dari surplus 29 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang merupakan unit yang mengelola operasional kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan.

Surplus yang diperoleh  UPK adalah Rp941.997.000. Dana tersebut kembali disalurkan kepada  5.133 orang dalam bentuk kegiatan pemberian sembako, sunatan massal, santunan anak yatim, dan rutilahu.

Secara simbolis pemberian dana sosila itu diberikan oleh Bupati Kuningan kepada penerima bantuan di  GOR Ewangga Senin (20/2/2017). Tampak rona bahagia dari peneriman bantuan tersebut.

Bupati Kuningan memberikan Apresiasi atas keberhasilan UPK dengan adanya surplus. Dari hasilnya disalurkan untuk  kepedulian terhadap masyarakat yang berada disekitarnya.

Hal ini  selaras dengan UPK nanjeuer ngawangun lembur, ngarojong Kuningan MAS.  Ini menunjukan bahwa UPK siap bersama-sama  dengan pemerintah  daerah untuk membangun  Kuningan yang Mandiri, Agamis, dan Sejahtera.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pemerintah Daerah juga akan terus berupaya memberikan  perhatian terhadap  peningkatan kinerja UPK dan asset Eks PNPM  Mandiri Perdesaan,  terutama dana perguliran UEP- SPP Baik Pembinaan, maupun upaya  adanya regulasi dari Pemerintah  yang mengatur tentang UPK,” jelasnya.

Dikatakan, semoga UPK se-Kabupaten Kuningan tetap mendukung Pemerintah  Daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan  dan pemberdayaan  masyarakat di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan Drs Deniawan MSi menyebutkan, program Nasional pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan diawali dengan program pengembangan Kecamatan  (PPK)  dari tahun 1998 hingga 2006. Progaram ini sebagai salah satu  model pembangunan perdesaan partisifatif untuk mempercepat  penanggulangan kemiskinan.

Untuk pendekatannya lanjut dia, dilakukan  dalam program  pengembangan kecamatan  (PPK) yang merupakan  pemberdayaan masayarakat  dengan membentuk kelembagaan masyarakat yang salah satunya Unit Pengelola Kegiatan (UPK). UPK  dibentuk dari,  oleh dan untuk masyarakat serta  menjadi partisipatory Development Agence.

Lebih lanjut dikatakan,  berdasarkan  data rekapitulasi se-Kabupaten Kuningan  dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) PNPM Mandiri Perdesaan  yang terserap  sejak 1998-31 Desember 2014 sebesar Rp174.050.000.000. Dana tersebut terdiri dari  APBN  Rp144.367.500.000 (DUB), APBD kabupaten Rp29.682.500.000 (DDUB).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perkembangan UPK dalam mengelola Perguliran UEP/SPP di Kabupaten Kuningan sampai per-31 Desember 2016 sanagt bagus. Hal ini bisa dilihat dengan UPK mempunyai gedung sendiri sebanyak 21 UPK, modal awal UEP/SPP Rp39.166.551.138 dengan jumlah penerima 1.835 kelompok.

Mengenai asset UPK Saat ini berjumlah  Rp 74.142.530.958. terdiri dari  asset dana bergulir Rp59.014.231.521, asset lainnya Rp15.128.299.431, berupa gedung, kendaraan dan lainnya.

Sedangkan jumlah kelompok sebesar  2.157 atau 20.525 orang penerima manfaat.  Adapun jenis kelompok penerima perguliran yakni  Aneka usaha (UKM) 675 kelompok, usaha bersama 26 kelompok, usaha lainnya 1.456 kelompok.

Dari kegiatan  usaha ekonomi produktif dan simpan pinjam  kelompok  perempuan yang dikelolanya, untuk tahun 2016  menurut Deniawan, UPK se-kabupaten Kuningan mendapatkan Surplus sebesar Rp 6.842.141.859. Dan dari surplus tersebut dialokasikan untuk kegiatan dana sosial sebesar Rp 941.997.000. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Law

KUNINGAN (MASS) – Kasus korupsi UPK Amanah Luragung memasuki babak baru. Tim Penyidik Kejaksaan Negri (Kejari) Kuningan, resmi menyerahkan tersangkanya ke Tim Jaksa Penuntut...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Tersangka tindak pidana korupsi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Luragung, ditangkap tim gabungan dari Kejaksaan Negri (Kejari) Kuningan dan Kejari Kota Tasikmalaya,...

Business

KUNINGAN (MASS)- Perumda Air Minum (PAM) Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan membagikan 650 paket sembako untuk masyarakat terdampak pandemi virus corona di 12 wilayah cabang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Semakin banyak yang terdampak karena adanya wabah virus corona membuat semua pihak tergugah untuk bahu-membahu membantu warga. Hal ini pun dilakukan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Mulai pertengahan tahun 2020 Pemerintah akan menerapkan sistem distribusi tepat sasaran LPG 3 kg, sehingga nantinya, hanya masyarakat yang berhak saja yang...

Government

KUNINGAN (MASS)- Dinsos PP dan PA Kuningan menyebutkan, ada sekitar 36.999 jiwa peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerimaa Bantuan Iuran dicoret....

Health

KUNINGAN (MASS) – Warga Kuningan yang tak mampu berobat rupanya masih banyak. Berdasarkan data resmi, tercatat sedikitnya 241.311 jiwa yang belum terkaper oleh BPJS....

Government

KUNINGAN (Mass)- Rona bahagai terlihat di muka 38 anak yang berasal dari 7 desa yang berada di Kecamatan Selajambe. Ya, pada hari Kamis (20/4/2017)...

Advertisement