Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

2018 Jokowi ke Waduk Kuningan, 2020 Pembangunan Belum kelar, Danrem Cari Penyebabnya

KUNINGAN (MASS)- Ditargetkan kelar pada 2019, ternyata hingga 2020 pembangunan Waduk Kuningan belum selesai.

Padahal ketika presiden berkunjung ditargetkan 2019 bisa digunakan. Namun, hingga 2020 tak kunjung selesai, sehingga menjadi perhatian semu pihak, tak terkecuali   Danrem 063/SGJ.

Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga KSAP, Kamis (5/11/2020 datang meninjau pembangunan waduk. Ia melaksanakan pertemuan dengan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan Pembangunan Bendungan Kuningan yang merupakan proyek strategis nasional.

https://kuninganmass.com/government/jokowi-hanya-meninjau-waduk-sekitar-15-menit/

Waduk Kuningan merupakan proyek strategis yang bertujuan untuk menunjang ketersediaan air di wilayah Kabupaten Kuningan. Bahkan, akan dinikmati oleh warga Jawa Tengah.

Kehadiran Danrem  adalah upaya untuk mempercepat pembangunan bendungan dan belanja masalah sehingga pelaksanaan pembangunan proyek strategis dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Diterangkan, TNI nanti sebagai dinamisator dan fasilitator dalam proyek pembangunan strategis Bendungan Kuningan. Pada tahun 2022 Bendungan ini akan dioperasionalkan.

“Nanti saya akan berkoordinasi dengan Pemda dalam mempercepat penyelesaiannya. Kita juga harus bisa menyelesaikan dari berbagai aspek tentu dari aspek UU harus diketahui bersama sebagai dasar bertindak,”  sebutnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara itu  hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0615/KNG,Kepala Kantor BPN /ATR Kab Kuningan, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung.

https://kuninganmass.com/government/lahan-yang-sudah-terbebaskan-untuk-pembangunan-waduk-kuningan-baru-9286/

Kemudian, Kabid Pertanahan DPKPP, Kanit Ekonomi Polres Kuningan, Camat Cibereum, Kapolsek Cibingbin, Kades Randusari dan Kades Kawungsari serta perwakilan dari masyarakat.

Sekadar informasi waduk ini akan berguna bagi ratusan ribu KK yang berada di Kuningan dan Brebes. Sebab, bisa menghasilkan sumber air irigasi 3.000 Ha.

Waduk Kuningan memiliki waduk luas mencapai 284,45 ha itu. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun waduk ini adalah Rp491,42 miliar.

Waduk yang menenggelamkan lima desa di dua kecamatan itu dibangun pada tahun 2013 dan awalnya ditargetkan paling telat tahun 2019.

Waduk memiliki volume tampungan air sebanyak 25,96 juta M kubik.  Adapun  luas genangan adalah 221,59 ha.

Apabila bendungan ini beres maka akan menghasilkan sumber air bagi irigasi  total 3.000 Ha. Dengan rincian irigasi  Cileuweung 1.000 Ha dan  Cijangkelok 2.000 Ha.

Sementara air baku yang dihasilkan 300 liter/detik. Sedangkan potensi pemabangkit listrik tenaga air menghasilkan 0,5 MW. Dan bendungan ini berada di Desa Randusari Kecamatan Cibeureum.

Advertisement. Scroll to continue reading.
https://kuninganmass.com/government/waduk-kuningan-terancam-kekurangan-sumber-air/

Adapun lima desa di dua kecamatan  yang terdampak bendungan itu  meliputi Kecamatan Cibeureum (Desa Randusari, Desa Kawungsari, Desa Sukarapih) dan Kecamatan Karangkencana (Desa Tanjungkerta dan Simpayjaya) Kabupaten Kuninga. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebelumnya diberitakan, setelah adanya ganti untung terhadap warga Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum yang akan dijadikan Waduk Kuningan warga beramai-ramai membeli kendaraan...

Government

KUNIGAN (MASS)- Sejak mendapatkan ganti rugi  pembangunan Waduk Kuningan, warga Kawungsari Kecamatan Cibeureum bak menjadi miliader. Total ada Rp129 miliar yang dibayarkan pemerintah kepada...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Enam desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akan ditenggelamkan pada bulan Juli mendatang. Pemukiman penduduk di sana tidak akan terlihat lagi....

Government

LEBAKWANGI(MASS)- Selain meninjau pembangunan Waduk Kuningan, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Vilando DK SAP meninjau lokasi percontohan ketahanan pangan yang menggunakan BIOS 44 di...

Advertisement