Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Tourism

1001 Tangga Singkup, Spot Wisata yang Menantang Kebugaran

KUNINGAN (MASS) – Objek wisata 1001 Tangga bertempat di Dusun Manguntapa Desa Singkup Kecamatan Pasawahan. Objek wisata yang memiliki paket lengkap mulai dari area kemping, kolam, taman, outbound serta situs batu SInga tersebut memang layak dijadikan referensi mengisi akhir pecan. Bahkan, bukan hanya sekedar wisata dan menikmati pemandangan alam, kalau kalian mau tertantang dan sedikit berolahraga, perjalanan 1001 tangga sangatlah seru.

Dijelaskan Didi Surnadi, nama 1001 tangga memang bukanlah itungan sebenarnya. Menurutnya, tangga yang ada di lokasi wisatanya tidak benar-benar diitung sesuai angka.

“Kiasan aja a, karena lumayan banyak kan kalo sampe puncak,” ujarnya pada kuninganmass.com Selasa (21/1/2020) pagi.

Didi sempat menceritakan area yang kini menjadi objek wisata awalnya merupakan kebun, kandang ternak, bahkan tempat pembuangan sampah. Disulap menjadi objek wisata yang indah setelah adanya kemauan serta investor dari warga lokal.

“Kalo status kawasan sih TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai, red), tapi dikelola kelompok,” terangnya.

Lokasi objek wisata 1001 tangga juga tidak jauh dari pusat desa. Jika perjalanan kita dari arah Mandirancan menuju ke Pasawahan, lokasi ini sangat jelas terlihat di sebelah kiri jalan. Sejak awal. Kita akan disuguhkan tempat parker yang leluasa, dan tak akan ada pak ogah di sana, alias parkirnya gratis.

Masuk kawasan wisata, kita akan disuguhkan pemandangan kolam dan alam yang luar biasa, apalagi kalau kolamnya sedang penuh dan warna airnya membiru. Selain pemandangan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, beberapa juga disediakan spot foto menarik seperti taman dan tempat duudk yang disususn dari batu. Ada juga gazebo-gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Alhamdulillah, banyaknya sih yang milih kemping dari sekolah, kadang dari mahasiswa, pokoknya buat acara outdoor, karena mungkin fasilitasnya memadai. Malah ada juga beberapa kali tempat ini dipake tempat resepsi pernikahan,” jelasnya.

Memang, untuk yang memiliki rencana kegiatan kemping dengan kapasitas banyak, tempat ini sangat mendukung. Pasilitas mulai dari mushola, jamban, listrik, hingga tempat pengungsian pun tersedia cukup banyak.

Untuk perjalanan lebih menantang, kalian harus coba perjalanan 1001 tangga menuju situs alamai batu singa. Nah dari sini, kalian bisa membekali diri dengan minuman untuk sampai titik tertinggi situs batu singa. Kalo kalian bisa sampai titik teratas, selain bisa melihat situs batu singa, kalian juga bisa melihat pemandangan Kuningan dari atas.

Tenang aja deh, selain bonus pemandangan di puncak yang menggoda, perjalanan juga lumayan seru dan banyak titik berhenti. Amanlah buat pemula.

“Alhamdulillah a, kalo weekend atau libur nasional mah ada aja sih lumayan pengunjung hariannya,” tambahnya.

Untuk mendapat fasilitas tersebut, bagi pengunjung harian cukup membayar 10 ribu saja, dan tidak ada lagi bayar parkir atau toilet. Sedangkan untuk berkemping, pengunjung ditarif 17.500 untuk setiap peserta kemping di satu kali kegiatan.

Nah, khusus bagi resepsi pernikahan, mending nego langsung aja deh ke pengelola. Kita bisa booking sepenuhnya, atau sebagian tempatnya, bisa dibicarakan langsung. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Kecamatan Cigugur sudah dikenal sebagai kawasan wisata di Kabupaten Kuningan. Dari awal memasuki wilayah, kita sudah disuguhi beragam tempat wisata, dari...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Terletak di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, terdapat sebuah gua yang kerap menjadi pusat ibadah, terutama bagi katolik. Gua tersebut cukup banyak...

Health

PASAWAHAN (MASS) – Permasalahan sampah memang sangat terasa. Selain permasalahan sampah yang beberapa kali terpotret media di kawasan perkotaan, ternyata masalah sampah juga dirasakan...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Jika pernah melewati jalan Desa Setianegara Kecamatan Cilimus ke arah Mandirancan, akan ada beberapa lokasi wisata baru yang terletak di samping...

Advertisement