Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

1.000 Hari Pertama Kehidupan, Mengapa Sangat Penting?

KUNINGAN (Mass)- Langkah awal untuk mencetak anak sehat dan cerdas adalah pemenuhan gizi anak sejak dini. Istilah 1.000 hari pertama kehidupan  (HPK) harus diperhatikan.

Istilah 1.000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Agar pentingnya 1.000 HPK  diketahui maka Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar  seminar nasional mengenai hal itu Sabtu (18/3/2017) di Gedung Serbaguna Raja Seafood Bandorasa Wetan Cilimus.

1.000 telah disepakati oleh para ahli di seluruh dunia sebagai hal  terpenting dalam hidup seseorang. Sejak saat perkembangan janin di dalam kandungan, hingga ulang tahun yang kedua menentukan kesehatan dan kecerdasan seseorang.

Makanan selama kehamilan dapat mempengaruhi fungsi memori, konsentrasi, pengambilan keputusan, intelektual, mood, dan emosi seorang anak di kemudian hari.

Seminar  1.000 HPK diikuti lebih 435 peserta dari kalangan Guru PAUD, mahasiswa, Dosen PG PAUD dan masyarakat umum. Untuk narasumber dihadirkan dari UHAMKA Jakarta Dra Hj Chandrawaty MPd, Amelia Vinayastri MPd Psi dan dari Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr Suyadi MPd.

Ketua PG-PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan, Erna Juherna MPdI mengatakan, sebagai civitas akademik memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan anak usia dini, maka digelar seminar nsional yang sangat penting.

“Kami berharap dengan adanya seminar ini maka peserta yang hadir bisa terbuka wawasannya mengenai pentingnya 1.000 hari pertama masa kehidupan,” ucap Erna.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kasdar Al Ade Saputra menyampaikan, pentingnya 1.000 HPK untuk mengembangkan karakter pendidik dan calon pendidik di masa yang akan datang. Seminar ini sangat penting maka peserta harus bisa menerapkan ilmu yang diperloleh.

Menurutnya, pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun. Oleh karenanya, harus memberikan stimulan guna mempersiapkan peserta didik di masa yang akan datang, baik itu dalam kesehatan, gizi anak usia subur, pemberdayaan dan perlindungan serta pola asuh dalam perkembangan sosial dan emosional anak.

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Asda II Drs H Dadang Supardan MSi menyampaikan, pemerintah sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya seminar Nasional pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan. Sehingga dalam dunia pendidikan bisa terus berkembang dan mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan.

“Dengan adanya seminar  ini maka dapat meningkatkan mutu pendidik dalam rangka memahami pola asuh yang baik dan benar, sehingga bisa menghasilkan generasi penerus yang memiliki kompetensi yang utuh, mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan,” tandasnya. (agus)

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

JAPARA (MASS) – Aktivitas para guru SD di Kecamatan Japara Senin (22/7/2019) berbeda dari biasanya. Itu karena tengah diselenggarakannya acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)...

Education

KUNINGAN (MASS)- Gubernur Jabar mengsisi kuliah umum di STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan tema Media Sosial Untuk Kaum Milleneal. Ia berpesan  enam program studi yang dimiliki STKIP ...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kabupaten Kuningan patut berbangga dengan tim sepakbola STKIP Muhammadiyah Kuningan. Pasalnya, tim berjuluk Kuda Perang Dari Timur itu berhail menuai prestasi yang...

Education

KUNINGAN (Mass) – Deklarasi Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan menuai apresiasi sekaligus kritik. Satu sisi deklarasi tersebut diacungi jempol, namun di sisi lain omong kosong...

Advertisement