Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Yosa: Mahasiswa Itu Pilar Penguat Kebangsaan

KUNINGAN (MASS) – Era globalisasi dan maraknya budaya luar yang masuk, harus diimbangi dengan penguatan wawasan kebangsaan. Untuk itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan harus terus dilakukan. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi pilar penguat kebangsaan.

Pernyataan ini dilontarkan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar, Yosa Octora Santono SSi MM saat berada di Kuningan, Kamis (25/8/2022). Dalam rangka memperkuat wawasan kebangsaan bertepatan dengan momentum HUT RI ke 77 ini, ia kembali menggelar Citra Bhakti Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan ‘Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan’.

Pesertanya dari Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) DPK BKPRMI Kabupaten Kuningan. Dalam acara bertempat di Sekretariat BKPRMI Kuningan tersebut, hadir Ketua BKPRMI Dr Insan Nulyaman MPdI, Ketua LPPDSDM Asep Usamah MPd, dan para mahasiswa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Sosialisasi ini dalam rangka semangat kemerdekaan HUT RI Ke-77 serta upaya penguatan wawasan kebangsaan kepada para generasi-generasi muda Kuningan salah satunya yang tergabung dalam LPPDSDM,” ujar Yosa.

Legislator muda pituin Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang itu menegaskan, Pilar Kebangsaan adalah Tiang Penguat Bangunan. Pilar Kebangsaan juga sebagai dasar yang pokok atau induk serta tiang penyangga bangsa.

“Betapa pentingnya Empat Pilar Kebangsaan ini, yaitu, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,” sebut Yosa.

Anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XIII (Kuningan, Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar) ini melanjutkan, sudah selayaknya masyarakat Indonesia benar-benar mengenal, memahami, dan menjunjung tinggi 4 Pilar Kebangsaan tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lebih jauh, Yosa menjelaskan, kegiatan seperti itu rutin dilaksanakan di daerah lainnya. Ia terus menyampaikan kepada masyarakat demi tetap memperkokoh nilai-nilai dan wawasan kebangsaan, juga harus menjadi motor untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan. Sebab, di era globalisasi dan maraknya budaya luar yang masuk harus diimbangi dengan penguatan wawasan kebangsaan.

“Saya berharap para peserta yang mayoritas mahasiswa yang berproses di LPPDSDM DPK BKPRMI Kuningan ini dapat menjadi pilar penguat kebangsaan khususnya di Kabupaten Kuningan,” pesan Yosa.

Selain sosialisasi, ia juga membagikan Buku Bacaan dan penjelasan tentang Empat Pilar Kebangsaan untuk dipelajari dan diterapkan di lingkungan keluarga dan disosialisasikan kembali di lingkungan masing-masing. (deden)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Saat ini Pemprov Jawa Barat telah memiliki Perda No 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata. Kendati demikian, tidak semua desa bisa...

Politics

BANDUNG (MASS) – Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Provinsi Jawa Barat sumringah usai bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (23/8/2022). Keluwesan...

Politics

BANDUNG (MASS) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menjalankan agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Kamis (18/8/2022). Agenda tersebut...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Tepat di hari ulang tahunnya yang ke 44, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat ketua umum DPP Partai Demokrat, mendapatkan...

Advertisement