Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Wow, Gaji Anggota Dewan Bisa Lebih dari Rp30 Juta

KUNINGAN (Mass) – Terbitnya PP 18/2017 tentang tunjangan anggota dewan, tentu berimbas ke DPRD Kuningan. Gaji yang bisa diterima wakil rakyat Kuningan nanti bisa mencapai lebih dari Rp30 juta perbulan. Raperda turunan dari PP tersebut kini masih digodok.

Dari keterangan yang diperoleh kuninganmass.com, gaji tiap anggota dewan Kuningan sekarang ini berada di kisaran Rp15 juta. Namun ketika PP 18 diberlakukan yang dikuatkan oleh Perda, gaji anggota dewan kelak bisa naik dua kali lipat. Bahkan salah seorang wakil rakyat yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, bisa mencapai Rp37 juta.

Ketua F-Tekkad (Forum Telaah Kebijakan dan Kinerja Daerah), Soejarwo membenarkan estimasi angka tersebut. “Kenaikan gaji anggota DPRD Kuningan diperkirakan mencapai lebih 100 persen dengan estimasi sebelumnya gaji rata-rata per anggota Rp15 juta, dan akan mencapai angka lebih dari Rp30 juta,” sebut Jarwo, Minggu (16/7).

Dengan kenaikan tersebut dia berharap tidak akan mengurangi porsi anggaran untuk pembangunan yang bersentuhan langsung dengan rakyat. Jangan sampai muncul idiom, kesejahteraan rakyat sudah diwakili oleh wakil rakyatnya.

Jarwo juga mengatakan, berlimpahnya pendapatan yang akan diterima oleh anggota Legislatif, diharapkan dapat menjadi ‘pagar’. Sehingga masyarakat tidak mendengar lagi ada anggota dewan yang terlibat kasus suap, pemerasan dan pelanggaran hukum lainnya.

“Jika setelah berbagai fasilitas untuk anggota legislatif ‘dikatrol’ masih ditemukan berbagai perilaku kurang terpuji dari mereka, sudah saatnya masyarakat yang telah rela ‘membayar’ mereka dengan fasilitas yang wah, untuk lebih bersikap kritis dan tak perlu ragu untuk melaporkannya kepada aparat penegak hukum,” ucapnya.

Menurutnya, ada satu fenomena yang cukup menggelitik rasa keadilan masyarakat. Yakni ketika membahas Raperda yang berkaitan dengan ‘dapurnya’ anggota legislatif terkesan lebih ‘sigap dan cekatan’ untuk sesegera mungkin menyelesaikannya. Tidak seperti membahas Raperda yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat, terkesan diulur-ulur. (agus)

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Satu pernyataan cukup nyeleneh tapi masuk akal terlontar dari salah seorang anggota DPRD Kuningan, Susanto. Politisi PKB ini menduga, Kuningan juara...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kabar mengejutkan muncul dari gedung DPRD Kuningan. Dua legislator dikabarkan terpapar Covid-19. Tak heran jika terhitung Senin (11/1/2021) ini, gedung tersebut...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kedudukan DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah. Ketentuan ini menegaskan bahwa DPRD merupakan salah...

Advertisement