Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Wisuda, Uniku 'Pamer' Keberhasilan Selama 6 Bulan Terakhir

KUNINGAN (MASS)- Universitas Kuningan   Kamis (4/04/2019), menggelar upacara wisuda ke-23 di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I. Kegiatan wisuda yang diawali dengan upacara penyambutan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dapur Sastra (Dapsas) tersebut, diikuti oleh 534 wisudawan dari berbagai program studi (Prodi).
Jumhlah lulusan 534 itu terdiri dari 3 orang wisudawan dari Program  (D3), 507 orang wisudawan dari Program (S-1) dan 24 orang  dari Program (S-2). Dari 534 wisudawan, 148 wisudawan atau 27,7 % di antaranya memperoleh predikat dengan pujian/cumlaude.
Untuk jenjang S1, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,96 (Tiga Koma Sembilan Enam) atas nama Nurik Nuranty dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD). Sedangkan untuk jenjang S2, IPK tertinggi 3,92, diraih oleh Rahmayanti  dari Prodi Magister Pendidikan Ekonomi.
Sementara untuk waktu tempuh studi, tercepat untuk jenjang S1 diraih oleh  Silvia Agustin dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP dengan waktu 3 Tahun 10 Bulan 14 hari. Untuk Jenjang S2 diraih oleh Yara Intan Luvita dari Prodi Pendidikan Ekonomi dengan waktu 2 Tahun 1 Bulan 16 Hari.
“Saya harap, saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah dipelajari dalam profesi saudara masing-masing secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas. Sebagai bagian dari lulusan saya harap  mampu berperan aktif dan berinisiatif dalam menerapkan ilmu yang sudah dapatkan demi kesejahteraan masyarakat luas,” ujar Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi MSi.
Ingatlah lanjut dia, zaman ini adalah zaman yang sangat kompetitif dan serba cepat.  Saat ini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Itulah sebabnya, zaman ini membutuhkan manusia-manusia yang responsif dan mampu mengantisipasi perubahan. Karena itu, hadapilah zaman ini dengan penuh semangat dan etos kerja, disertai dengan jati diri dan moral yang kuat, Jangan mudah terbuai dengan kesenangan sesaat,.
Pada kesempatan itu, Rektor, menyebutkan, capaian prestasis selama 6 bulan terakhir ini yakni  Ammar Chania ( PE-FKIP) meraih juara II Lomba Cerita Inspiratif tingkat nasional di UIN Alaudin Makasar Tahun 2018. Lalu, Amar Chania (PE-FKIP) juga meraih juara 2 Lomba Opini dan Quote Inspire 2018 di Universitas Syah Kuala  Aceh.
Selian itu juga, tiga  mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika yaitu Jaka Haerul, Esa Sabila dan Mila meraih Juara 2 Liga Media Pembelajaran Matematika di IAIN Cirebon, Taofik Septiana (PBI), Meraih Medali Perunggu PORDA Jabar 2018. Sedangkan Agung Prasetya ( Manajemen) Meraih Juara 1 dan Pesilat Terbaik dalam Kejurnas Pencak Silat Tahun 2018.
Sementara Rina Hardianti dan Gunawan Firdaus ( Manajemen) meraih juara 3 Kejurnas Pencak Silat 2018, Mahasiswa Uniku menyapu bersih juara dalam Duta Baca Kearsipan  dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan 2018 yaitu Dahrul Mu’min (PBI) juara 1, Ammar Chania (PE) Juara 2, Dela Agustin (FH) dan Ujang Taofiqurohman (Manajemen)  Juara 3 dan Yani Andriyani (FH) dan Adinda Ilana maudy (PBI) juara Harapan 1.
Dikdik juga  menyebutkan Uniku Juara Umum Olimpiade BEM se Wil Cirebon, Juara 1 Bola Basket Putri, Juara 2 Bola Basket Putra, Juara 1 Bulutangkis Beregu. Kemudian,  Juara 1 Bola Voly Putri, Juara 1 Lomba debat, Tiga orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika meraih Juara 1 Lomba Gema Mahasiswa Matematika Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh UPI Bandung Sandy atas nama Egy dan Evi.
DIluar itu juga meraih predikat Film Terbaik dengan judul “ Dalang Pamungkas”, Penata Artistik Terbaik atas nama Muhamad Ridwan Firdaus, Pemeran Wanita Terbaik atas nama Ayu Sri Lestari (Semuanya dari Prodi DKV-FKOM) dalam Festival Film Fiksimini Bahasa Sunda Tingkat Jawa Barat 2018). Selanjutnya  meraih Juara 1 lomba Ilustrasi Jakarta Fashion Trend 2018  atas nama Alan maulana (Manajemen).
Kemudian, meraih Juara 1 dan 2 dalam Lomba desain cendera mata 2018 yang diselenggarakan oleh Disporapar Kab. Kuningan yakni Idam Idzin (SI-FKOM) dan Alan Maulana (Manajemen), meraih Duta Terfavorit dalam Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat atas nama Ujang Taufiqurrohman ( Prodi Manajemen ).
Prestasi selanjutnya adalah meraih juara II Lomba Baca Puisi dalam Festival Literasi Uhamka Jakarta Tahun 2019 atas nama Dede Rudiansyah (Prodi PBSI ) . Dan terakir  meraih juara I Lomba Essay dalam Festival Literasi Uhamka (FLU)  Jakarta Tahun 2019  atas nama M Saefudin (Prodi PBSI).
“Ini raihan anak-anak Uniku. Tentu hasil yang didapat tidak instan dan hasil kerja keras semua pihak. Semoga prestasi yang diraih semakin banyak bertambah sehingga mahasiwa Uniku semakin berkibar,” ujar Didik. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperluas jejaring kerja sama, Universitas Kuningan (Uniku) menjalin kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU)...

Education

KUNINGAN (MASS)- Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang beberapa waktu lalu sudah melantik para pejabat strukturalnya, kali ini Uniku yang merupakan kampus pertama dan menjadi...

Netizen Mass

“Al-Quran as the first and the foremost guidance for Muslims“ KUNINGAN (MASS) – Al-Qur’an sebagai pedoman utama dan terpenting bagi umat Islam dimana Islam...

Education

KUNINGAN (MASS)- Meski hadir terlambat karena banyak acara, Bupati Kuningan H Acep Purnama memuji Unisa pada saat memberikan sambutan.   “Sayaucapkan terima kasih kepada...

Advertisement