Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Warga Ramai-ramai Bendung Sungai

KUNINGAN (MASS) – Musim kemarau sudah tiba, meski air masih cukup normal. Namun, warga Desa Benda Kecamatan Luragung Minggu (26/7/2020)sudah melakukan langkah antisipasi.

Sekitar ratusan orang melakukan pembendungan sungai Cisanggarung. Cara ini agar 140 Ha lahan sawah bisa terairi.

Proses pembendungan bukan  hanya dilakukan warga tapi juga dibantu anggota Koramil 1507/Luragun. Mereka bahu membahu melaksanakan gotong royong.

Advertisement. Scroll to continue reading.


Danramil 1507/Luragung Kapten Kav Sunarto melalui Batuud Pelda Hariyanto menyeutkan, mereka terpaksa membendung sungai agar dapat mengairi sawah. Hal ini karena sawah sudah mulai kering padahal musim kemarau baru awal.

“Perlu diketahui oleh semua sawah-sawah warga sudah mulai kering. Kita tahu sudah lama hujan tidak turun hujan,” ujarnya.

Makanya, untuk mengantisipasi lebih parah lagi, dibendung. Meski bersipat manual tapi hal ini merupaka langkah tepat.

Mengenai bendungan yang dibuat lanjut dia, tingginya satu meter. Bendunga dibuat secara sederhana menggunakan bambu dan kayu yang ditimbun dengan batu-batu kecil yang ada disungai tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Setelah terbendung, genangan air meninggi sehingga nantinya bisa disedot dengan pompa untuk dialirkan ke sawah seluas 140 hektar.

“Ini penting karena petani dalam bahaya kalau tidak ada upaya nyata,” tuntasnya. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Korban kecelakaan tunggal yang terjadi di Luragung pada Selasa (2/8/2022) malam kemarin, ternyata sudah dipindah dari RS KMC Luragung. Korban, dirujuk...

Incident

LURAGUNG (MASS) – Pagi ini, warga Kuningan dikejutkan dengan kabar korban kecelakaan tunggal yang terjadi di Desa Luragungtonggoh Kecamatan Luragung. Pasalnya, beredar kabar, lelaki...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Sukamulya FC (Cimara) berhasil menggasak lawannya 4-0 saat bertanding sepakbola dengan Kudawaringin FC (Cipondoh) pada Rabu (27/7/2022) kemarin. Sukamulya FC dan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sungai Cisanggarung, kembali menjadi saksi untuk kejadian pilu yang menimpa Farid (41), warga Dusun 3 Dukuhkulon RT 9 Desa Dukuhpicung Kecamatan...

Advertisement