Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Warga Desa Bojong Kini Tidak BAB Sembarangan

KUNINGAN (MASS)- Desa Bojong Kecamatan Cilimus, mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) atau Open Defecation Free (ODF). Acara bertempat di Aula Gedung Balai Desa Bojong Kecamatan Cilimus, pada Selasa (19/2/2019).


Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda SH MSi, Camat Cilimus Eny Sukarsih, Kepala Desa Bojong, Perwakilan Dinas Kesehatan, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berandil besar dalam kesuksesan program BABS ini. Sekaligus merangsang dan memotivasi daerah lainnya agar tidak lagi buang air besar sembarangan dan lebih meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Wakil Bupati Kuningan M Ridho menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala desa, aparat desa, dan masyarakat yang telah berhasil melaksanakan upaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sebagai desa yang sadar jamban, sehingga terbebas dari buang air besar sembarangan.

Diterangkan, Open Defecation Free (ODF) baru mencapai 85 desa dari 376 desa/kelurahan. Sedangkan target tahun 2019 diharapkan Kabupaten Kuningan menjadi Kabupaten ODF yaitu semua desa harus sudah stop buang air besar sembarangan (STOP BABS).

“Di Kecamatan Cilimus yang sudah ODF yaitu 12 desa dari 13 desa, termasuk Desa Bojong yang dideklarasikan pada hari ini,” ujarnya.

Edo berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberi semangat kepada semua pihak khususnya di Kabupaten Kuningan, sehingga desa-desa lain dapat menyelenggarakan kebutuhan sanitasinya secara mandiri dan berprilaku stop buang air besar sembarangan. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

CIGANDAMEKAR (MASS) – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan menggelar acara Pertemuan Rembuk Stunting Dalam Penanggulangan Stunting di Kabupaten Kuningan Tahun 2020....

Government

KUNINGAN (MASS) – Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya pernah menjadi buah bibir di Kabupaten Kuningan. Pasalnya, di desa itu ada 11 warga dinyatakan reaktif dan...

Health

CILIMUS (MASS) – Sebagai bentuk kontribusi terhadap upaya pencegahan virus corona, Pemuda Gang Seroja Desa Bandorasawetan Kecamatan Cilimus melakukan penutupan jalan dengan cara unik....

Government

KUNINGAN (MASS)- Sulit mendapatkan masker di Kabupaten Kuningan membuat warga banyak mengeluh. Mereka ketakutan dengan semakin mewabah virus corona di Indonesia. Minimal dengan menggunakan...

Advertisement