Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Economics

Wabup DeSem Jelaskan Aturan Main Toko Modern

KUNINGAN (MASS) – Fakta di lapangan terkait keberadaan toko modern nampaknya tidak sedikit yang melanggar aturan main. Ini selaras dengan apa yang diutarakan Wakil Bupati Dede Sembada.

Kepada kuninganmass.com, orang kedua di kota kuda ini menyebutkan keharusan jarak antara toko modern dengan pasar tradisional atau usaha sejenis.

“Kalau di perda 11/2011 tentang penataan pasar modern, pasal 19 ayat 1 angka 1, jaraknya 1 kilometer dari pasar modern dan 0,1 kilometer dari usaha kecil sejenis,” jelasnya.

Bacaleg DPRD Kuningan dapil 3 ini melanjutkan aturan main lainnya. Disebutkan, di angka 6 dijelaskan bahwa ketentuan jarak tersebut tidak berlaku untuk puat primer.

“Kalau di RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), puat primer itu ibu kota kecamatan. Diantaranya Ciawigebang, Luragung, Kuningan, Cilimus dan Kadugede,” imbuh DeSem.

Artinya, sambung dia, jika tidak berada di ibu kota kecamatan, harus berjarak 1 kilometer dari pasar tradisional dan 0,1 kilometer dari pedagang kecil.

Kepada kuninganmass.com, mantan Plt Bupati Pray itu enggan menyebutkan, lokasi-lokasi mana saja yang dianggap melanggar perda. Ia hanya mengulang kembali pernyataannya semula.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kalau pengecualian di perda itu untuk kawasan primer. Di tata ruang hanya 5 ibu kota kecamatan yang tadi disebutkan,” tukasnya. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Hunian Sementara (Huntara) dan juga Hunian Tetap (Huntap) bagi masyarakat Kecamatan Ciniru yang terdampak bencana longsor, jadi sorotan Fraksi PPP. Bukan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Menjamurnya pembangunan toko modern di Kabupaten Kuningan menjadi perhatian khusus diberbagai kalangan. Jika sebelumnya kritikan datang dari anggota DPRD Kuningan, Fraksi...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Maraknya pasar modern dan pasar online tidak serta menggerus keberadaan pasar tradisional. Malah, beberapa hal dari uniknya pasar tradisional memang tidak...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Dicabutnya moratorium pasar modern tanpa dibarengi dengan regulasi keikutsertaan produk-prodaluk UMKM didalamnya kami pandang hanya menjadi sebuah kebijakan yang hanya menguntungkan...

Advertisement