Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Tim Uniku Lolos Seleksi National University Debate Championship

KUNINGAN (MASS) – Tim Universitas Kuningan (Uniku) dinyatakan lolos seleksi Tahap I tingkat nasional dan berhak menjadi peserta National University Debate Championship (NUDC) tahun 2020. Hal tersebut diketahui, setelah dikeluarkannya pengumuman oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada Selasa (18/08/2020) yang lalu.

Tim debat dari Uniku itu adalah Galang Adhitia Mahardika dan Yudiawan Putra Pratama yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kedua orang tersebut juga merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debating Society (EDS) Universitas Kuningan (Uniku). Mereka merupakan hasil seleksi di tingkat Universitas.

Seleksi peserta untuk tingkat nasional dilakukan pada tanggal 1 – 14 Agustus 2020. Untuk kompetisi nasionalnya akan dilangsungkan pada hari ini tanggal 24 Agustus – 30 September 2020, dimana sebelumnya akan dilaksanakan uji coba sistem terlebih dahulu pada tanggal 24 – 27 Agustus 2020.

Salah satu Tim NUDC Uniku Galang Adhitia Mahardika, negatakan, dirinya bersama dengan rekannya bernama Yudiawan, merasa bangga dan bersyukur atas lolosnya TIM NUDC Uniku ke tahap selanjutnya.

“Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas lolosnya Tim NUDC ke tahap selanjutnya. Kita berdua sekarang lagi mempersiapkan untuk tahap selanjutnya. Mohon doanya, semoga saya bersama Yudiawan bisa kembali lolos pada tahap[ berikutnya,” kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku),” Senin (24/08/2020).

Sementara menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan Uniku Iim Abdul Karim, SP, mengatakan, Galang dan Yudiawan merupakan mahasiswa yang dinyatakan lolos pada seleksi debat tingkat Universitas yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu. Kemudian, mengikuti kompetisi tingkat wilayah pada 12 – 14 Agustus 2020.

“Keduanya adalah yang terbaik dan merupakan perwakilan dari Uniku untuk mengikuti proses seleksi tahap 1 di tingkat nasional. Alhamdulillah, tim NUDC Uniku dinyatakan lolos tingkat nasional dan berhak maju ke babak selanjutnya,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terpisah, Wakil Rektor III Uniku Dr Ilham Adhya MSi, mengatakan, tujuan dari kompetisi ini adalah meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan.

“Kegiatan ini juga menjadi kompetisi yang sehat antar mahasiswa serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Ilham yang merupakan mantan Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku, menjelaskan, Tim NUDC Uniku merupakan wakil dari wilayah IV bersama dengan beberapa perguruan tinggi ternama seperti IPB, ITB, Unpar, Universitas Komputer Indonesia, Unpad, UPI, Univ Presiden, Unsil dan Universitas Telkom.

Dikatakan,Lolos tim NUDC Uniku ke tahap seleksi II tingkat nasional ini, merupakan suatu kebangggan tersendiri karena mahasiswa Uniku bisa keluar dan berhasil menjadi wakil dari wilayah IV bersama dengan Sembilan perguruan tinggi ternama lainnya di Jawa Barat.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri karena mahasiswa dan mahasiwi kami mampu menunjukan kualitasnya dan bisa sejajar dengan mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi besar,” jelasnya.

Ilham yang juga bobotoh Maung Bandung itu, berharap, dengan lolosnya kedua mahasiswa Uniku ke tingkat nasional ini, dapat memberikan semangat bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk tetap terus berkreasi, berkreatifitas dan berinovasi walaupun sedang dilanda pandemic covid 19 agar terus berprestasi lagi kedepannya.

“Semoga, dengan lolosnya Galang dan Yudiawan ini dapat memberikan semangat bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi baik dibidang akademik maupun nono akademik. Mohon doanya, semoga Galang dan Yudiawan bisa berhasil lolos pada tahap ini dan berhasil melaju ke babak selanjutnya,” harapnya.

Diakhir keterangannya, Ilham juga menginformasikan, bahwa Uniku yang merupakan perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan masih membuka pendaftaran gelombang II sampai dengan tanggal 29 Agustus 2020.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami Uniku masih membuka pendaftaran jalur reguler gelombang II sampai dengan tanggal 29 Agustus 2020. Untuk pelaksanaan seleksinya, Insya Allah akan dilaksanakan secara during (Online) seperti pada gelombang I dikarenakan masih dalam situasi pandemic covid 19,” pungkasnya. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperluas jejaring kerja sama, Universitas Kuningan (Uniku) menjalin kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU)...

Education

KUNINGAN (MASS)- Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang beberapa waktu lalu sudah melantik para pejabat strukturalnya, kali ini Uniku yang merupakan kampus pertama dan menjadi...

Netizen Mass

“Al-Quran as the first and the foremost guidance for Muslims“ KUNINGAN (MASS) – Al-Qur’an sebagai pedoman utama dan terpenting bagi umat Islam dimana Islam...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Derbi klasik sepakbola antara civitas akademika Uniku dan STKIP Muhammadiyah tersaji di lapangan Cipari, Rabu (18/11/2020) sore. Tim Uniku yang mengusung...

Advertisement