Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Terlihat Gagah di Peringatan HUT RI karena Gunakan Pakaian Adat

KUNINGAN (MASS)- Perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia pada tahun 2020 terasa berbeda karena untuk kali pertama upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI yang biasanya digelar secara fisik di Istana Merdeka kini dilakukan secara virtual.

Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus covid-19 serta mendukung protokol kesehatan tetap menjaga jarak alias social distancing.

Untuk di Kabupaten Kuningan sebelum mengikuti upacara secara virtual, pada jam 07.30 WIB digelar Upacara di Halaman Setda Kuningan, biasanya selalu digelar di Stadion Mashud Wisnusaputra.

Sedangkan  untuk SKPD, menggelar di depan kantor masing-masing. Meski begitu acara berlangsung khidmat.

Kembali kepada peringatan secara virtual kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Wabup  H M Ridho Suganda SH MSi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Staff Ahli Bupati, Asisten Daerah, Kabag lingkup Setda Kabupaten Kuningan, bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB melalui link Youtube Kemenkominfo dan melalui video teleconference Zoom yang diselenggarakan oleh pihak Pandang Istana.

Sedangkan pengibaran bendera berlangsung pada pukul 10.17 WIB. Presiden Ir. Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Presiden mengenakan pakaian adat khas Nusa Tenggara Timur (NTT), yang didominasi warna merah dan putih. Sedangkan bupati dan wabup menggunkan pakian adat Sunda dan mereka terlihat gagah.

Petugas upacara dipimpin oleh komandan sebanyak 1 orang, pasukan pengibar bendera sebanyak 8 orang, pasukan upacara TNI/POLRI sebanyak 20 orang. Korps music sebanyak 24 orang, MC sebanyak 2 orang, pasukan pelaksana tembakan kehormatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sebanyak 17 orang yang merupakan anggota TNI.

Pada momen tersebut seluruh masyarakat Indonesia dianjurkan untuk menghentikan aktivitasnya selama 3 menit ketika acara berlangsung.

Hal tersebut terncantum dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang pedoman peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2020. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement