Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Talenta 478 Pejabat Digali Lewat Uji Kompetensi

KUNINGAN (MASS) – Sedikitnya 478 pejabat lingkup Pemkab Kuningan mengikuti uji kompetensi/assessment, Selasa (28/6/2022) di Gedung Graha Sajati BKPSDM Kuningan. Talenta mereka digali dalam rangka pemetaan jabatan.

Ratusan pejabat tersebut kebanyakan pejabat eselon IV. 218 orang pejabat eselon IVB dan IVA sebanyak 194 orang. Untuk pejabat eselon III hanya 25 orang dengan rincian IIIA 6 orang dan IIIB 19 orang. Sisanya, pejabat fungsional ahli utama dan ahli madya sebanyak 41 orang.

“Maksud dari Ujikom ini melaksanakan pemetaan jabatan administrasi sesuai standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan. Lalu melaksanakan pembinaan pengembangan karir, pengembangan kompetensi, promosi dan mutasi pegawai,” ujar Kabid Mutasi dan Bangrir BKPSDM, Syaeful Bahri SE.

Selanjutnya, imbuh pria yang akrab disapa Epul itu, menemukan dan mempersiapkan talenta terbaik untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan dan posisi yang mendukung inti organisasi dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi. Kemudian, mendorong peningkatan profesionalisme jabatan, kompetensi dan kinerja talenta.

“Tujuan dari ujikom ini, terselenggaranya Pemetaan Jabatan dan tersusunnya Data Kompetensi dalam Pelaksanaan Sistem Merit melalui Uji Kompetensi/ Assessment Jabatan Administrasi, Jabatan Fungsional Ahli Utama dan Ahli Madya yang objektif, terencana, terbuka, tepat waktu, dan akuntabel,” paparnya.

Adapun penguji, dihadirkan tim dari BPSDM Jabar. Terdiri dari kepala BPSDM sebagai pewawancara dan Dr Rita Kardinasari MSi (PSI), SPsi, Dipl TAA, CPHR sebagai asesor. Ujikom dibagi dalam beberapa gelombang, mulai Selasa (28/6/2022) sampai Kamis (30/6/2022).

Epul yang mewakili Sekretaris BKPSDM Kuningan, Dodi Sudiana SSTP mengemukakan, sesuai regulasi yang berlaku PNS harus mempunyai kemampuan manajerial. Terdiri dari 2 komponen yaitu kompetensi dan potensi.

Selain kemampuan manajerial, kompetensi lain yang harus dimiliki yaitu kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural. Untuk mengetahui kompetensi tersebut maka pihaknya melaksanakan ujikom.

“Hasil akhir Uji Kompetensi/ Assessment adalah akan disusun peta talent berupa Sembilan box matrix yang dapat dijadikan baseline dan merupakan modal untuk melakukan pengelolaan SDM terutama dalam mempersiapkan talent-talent dimasa yang akan datang,” tukasnya. (deden)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement