Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Economics

Surplus Rp577 juta, Bumdesma ini Punya 4 Unit Usaha

KUNINGAN (MASS) – Perkembangan Bumdesma “Darma Bhakti” Kecamatan Darma cukup pesat. Selain dilihat dari nilai aset miliaran, surplus badan usaha milik desa bersama ini mencapai Rp577.521.011,- pada 2019 kemarin.

“Pada tahun buku 2019 dari 4 unit usaha yang ada, Alhamdulillah surplus 577,5 juta rupiah. Surplus tersebut dibagi proporsional sesuai dengan aturan baku Bumdesma yang tertuang dalam Perbup 49/2017 tentang Pedoman Teknis Bumdesa,” sebut Ketua Bumdesma, Hendriyatno, Kamis (30/1/2020).

Data itu pun berdasarkan hasil musyawarah antar desa laporan pertanggungjawaban (MD-LPJ) yang digelar di Hotel Grand Pacific Pangandaran, 17 Januari 2020 lalu. Hadir dalam kesempatan itu 267 peserta dari pengurus, forum koordinasi Kecamatan Darma, DPMD Kuningan, pendamping dan agen BPNT Kecamatan Darma dan seluruh nasabah Bumdesma Darma Bhakti dari 4 unit usaha.

“Ada 4 unit usaha yang kami geluti diantaranya unit usaha simpan pinjam kelompok, simpan pinjam perorangan, unit usaha jasa dan perdagangan, serta unit usaha lumbung pangan,” sebutnya diamini Ade Abdurohman.

Ia melanjutkan, dari surplus yang diperoleh dibagi ke beberapa item. Bagian untuk PADes ke desa-desa sebesar 25%, untuk Cadangan Umum (Modal) 35%, cadangan tujuan 10%, jasa produksi 10% dan dana sosial 10%.

Kesepakatan akhir dari Musyawarah Antar Desa Laporan Pertanggung Jawaban Tahun anggaran 2019, diantaranya, Forum meneriman secara aklamasi laporan pertanggungjawaban kegiatan tahun anggaran 2019. Kemudian Forum menerima Draft Rencana Kegiatan dan Tindak Lanjut (RKTL) Tahun Anggaran 2020.

“Lalu, Forum Musyawarah mengesahkan revisi AD/ART, yang dibahas oleh tim revisi pada bulan Juli tahun 2019 dan Forum menyepakati penyertaan modal Desa ke Bumdesma untuk tahun anggaran 2020 dari tiap desa dilakukan pada tahap pertama pencairan dana desa,” sebut Ade Abdurohman yang diangguki Bendahara, Rina Herlina.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ia menambahkan, pada LPJ kali ini juga ada hal khusus. Selain dihadiri oleh seluruh Jajaran Dinas PMD Kabupaten (Kadis, Kabid, dan Kasie KPM), Camat Lama Darma, Didin Bahrudin, S.Sos, M.Si dan Camat baru Darma, Eko Yuyud Mahaendra, AP, M.Si, Pada LPJ kali ini merupakan akhir masa jabatan Ketua Dewan Penasihat yang dijabat Oleh Kepala Desa Darma.

“Berakhir karena yang bersangkutan tidak lagi menjabat sebagai Kepala Desa Darma. Kesepakatan Musyawarah saat itu, penggantinya akan ditentukan melalui mekanisme pemilihan pada rakor kepala desa, dengan waktu ditentukan kemudian,” jelas Ade. (deden)

 

Pengurus harian BUMDESMA “DARMA BHAKTI” Kecamatan Darma :

Ketua               : Hendriyatno

Sekretaris        : Ade Abdurohman

Bendahara      : Rina Herlina

UNIT – UNIT USAHA

Advertisement. Scroll to continue reading.

Manajer Unit Usaha Simpan Pinjam Kelompok         : Iis Iswati

Unit Usaha Simpan Pinjam Perorangan                     : Aah Kurniah

Unit Usaha Jasa dan perdagangan                             : Idris

Unit Usaha Lumbung pangan Desa                            : Wati Anggraeni

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Pasca diiformasikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tentang meningkatnya index kedalaman kemiskinan di Kuningan. Tanpa banyak alasan, Bupati Kuningan H Acep...

Economics

Pendamping Desa Gandeng TA P3MD acara “NGOPI” dengan Desa Karangtawang KUNINGAN (MASS) – Suatu keniscayaan harapan dari pemerintah pusat terkait program penggerak ekonomi kerakyatan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Lahan kritis atau tadah hujan seharusnya bisa menjadi lahan produktif. Ditengah pandemi ini, sektor pertanian mesti jadi fokus utama dalam ketersediaan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), melakukan terobosan dengan melaunching aplikasi pemasaran online produk pangan lokal. Aplukasi...

Advertisement