Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

“Stop Rebahan, Start Perubahan. Kuy Berproses, Stop Protes”

KUNINGAN (MASS) – “Kenikmatan sesungguhnya tidak berasal dari keberhasilan di akhir, tapi kenikmatan sesungguhnya terletak pada proses yang senantiasa terus dijalani dengan sepenuh hati”. @arraqiib.rgl

“…….. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” ~QS. Ar-Rad [13] : 11~

Dalam beberapa tulisan sebelumnya, saya sudah menulis tulisan yang berjudul “Mulai aja dulu”. Kemudian karena ini merupakan sebuah rangkaian tulisan yang nantinya menjadi sebuah buku atau tulisan berantai, maka setelah kita memulai sesuatu dalam upaya untuk mengembangkan ide dalam fikiran kita, maka sejatinya kita sudah berada dalam fase selanjutnya yaitu fase berproses. Pada tahap ini merupakan salah satu tahapan yang harus senantiasa ditempuh demi mencapai keinginan serta kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Seperti dalil yang tertera diatas, bahkan tuhan hanya akan merubah suatu kaum ketika memang dia yang ingin berubah, melakukan langkah-langkah demi perubahan tersebut. Maka, berusaha untuk berubah merupakan upaya mutlak yang harus terus dilakukan dengan harapan suatu saat nanti kita akan bertemu dengan target awal yang memang sudah diharapkan.

Banyak juga dalil-dalil teologis yang memang menyuruh manusia untuk terus bisa berproses, dalam bahasa arab sering dikenal dengan ber-ikhtiar. Ikhtiar adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam konteks agama, istilah ini sering digunakan dalam Islam untuk merujuk pada usaha atau usaha keras yang dilakukan oleh individu manusia untuk mencapai sesuatu, sementara pada akhirnya segala hasil ditentukan oleh kehendak Allah atau yang biasa disebut dengan istilah “Tawakal”. Dalam Islam, konsep ikhtiar menggambarkan pentingnya usaha dan kerja keras dalam hidup, sambil menyadari bahwa akhirnya hasil ditentukan oleh takdir dan kehendak Allah. Oleh karena itu, ikhtiar mencakup upaya manusia untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal, tetapi dengan kesadaran bahwa hasil akhir ada di tangan Allah.

Nahh, dalah hal ini proses kita yang tadi diawal sudah dimulai dengan tekad yang kuat harus senantiasa bisa diistiqomahkan sesuai dengan target-target yang memang telah penjadi acuan capaian kita pada setiap malam sebelum tidur tersebut. Hingga proses nya itu tidak hanya menjadi proses yang sia-sia, tapi proses yang mendukung akan progres.

Tak sedikit dari kita sebagai mahasiswa misalnya yang berhenti ditengah jalan dengan situasi dan kondisi yang memang tidak mendukung akan proses berkembangnya mahasiswa itu. Disini peran kekuatan mental dan keteguhan hati sangat penting, mengingat faktor tumbangnya orang-orang yang berproses biasanya masih beum mempunyai mental yang kuat sekuat baja, sehingga ketika ada cobaan atau masalah yang menerpa dirinya dalam berproses, dia akan sangat mudah untuk gagal dalam proses tersebut.

Tapi jangan salah menurut pengalaman saya pribadi, biasanya orang yang semakin banyak gagal adalah orang yang semakin dekat dengan kesuksesannya. Salah satu tokoh fenomenal yaitu Dahlan Iskan menyebutkan bahwa :”Setiap orang mempunyai jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda”.

Disini peran dari orang tua dalam membentuk mental yang kuat sedari anak-anak harus bisa dimaksimalkan dengan baik. Tak sedikit proses didikan orang tua yang memang tidak maksimal ini menjadikan anak-naknya tumbuh dan berkembang dengan karakter dan pola fikir yang kurang baik, karena penting dirasa memiliki karakter dan pola fikir yang baik. Semua hiruk pikuk tingkah laku manusia itu ditentukan oleh pola fikir kita termasuk mental yang kuat yang dibentuk oleh pola fikir dalam diri kita, yang kemudian akan menentukan kecepatan setiap individu dalam berproses dan berprogres.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Agar lebih jelas dan terarah, disini mungkin saya akan beberkkan beberapa langkah-langkah yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam berproses hingga jadi berprogres, dantaranya yaitu :

  • Tentukan output/tujuan akhir

Dalam proses awal ini kita harus bisa untuk menentukan kira-kira target apa yang sekiranya dapat dicapai, relevan, dan terukur sesuai dengan batasan waktu yang telah kita tentukan. Menentukan fase awal ini yaitu tujuan akan mempermudah kita untuk dapat berproses dengan arah yang jelas serta memberikan arah dan motivasi sesuai dengan target yang diharapkan.

  • Terus belajar dan kembangkan keterampilan

Dalam fase kedua ini banyak hal yang membutuhkan kita untuk berani bergerak dan berani bertindak. Di fase ini juga kita tidak boleh lengah ketika mendapatkan waktu kosong, terus harus berupaya untuk mengmbangkan diri ke arah yang sesuai dengan tujuan akhir tersebut. Disini bisa meliputi memaksimalkan pendidikan formal yang dijalani, melakukan pelatihan, kusus online/offline, atau kita sendiri harus memiliki ide kreatif untuk terus menambah wawasan dengan banyak banyak membaca dan berliterasi yang sesuai dengan harapan capaian yang telah di targetkan.

  • Berfokus dan konsistensi pengalaman

Taklupa kita juga harus pintar-pintar untuk dapat mencari peluang dimana kita bisa masuk dan dencari pengalaman sebanak banyaknya dalam bidang yang ingin kita geluti. Banyak cara untuk mendapatkan itu semua, kita bisa mengikuti magang-magang dalam perusahaan misalnya, atau mungkin dalam proyek berskala besar, atau bahkan kegiatan ke sukarelawanan yang dapat menambah pengetahuan serta pengalaman kita yang pasti suatu saat akan berguna untuk mencapai target yang memang sedari awal telah kita teguhkan.

  • Jaringan dan Relasi

Buatlah suatu branding yang baik dalam diri kita, lalu bangun hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang memang memiliki tujuan yang sama, kalau mau lebih baik buatlah suatu komunitas atau organisasi yang memang sesuai dengan output awal. Kemudian carilah peluang dan pengalaman baru untuk dapat dijadikan sebagai pijakan serta batu loncatan kita dalam mewujudkan harapan awal tersebut.

  • Menghadapi tantangan dan resiko

Hal terahir yang biasanya menjadi rintangan tersulit dalam fase berproses yaitu ketika kita dibenturkan dengan tantangan dan resiko yang ada, yang mungkin ini tidak ada atau tidak terfikirkan sebelumnya. Tak sedikit para pemuda yang tumbang dan menyerah ketika mendapati tantangan yang sulit, kmudian beresiko tinggi.

Disini saran dari saya bahwa jangan takut dan gentar untuk menghadapinya. Kita harus berani keluar dari zona nyaman yang sedari sebelumnya memang tantangan dan resiko ini memang belum muncul. Hadapi tantangan tersebut, ambl resiko yang sekiranya akan berdampak positif, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Ketika bisa melewati fase ini maka sudah dipastikan kita akan memiliki keberanian, ketangguhan mental, serta keterampilan dalam beradaptasi dengan keadaan.

  • Evaluasi dan Penyesuaian

Ini menjadu fase terahir dan pelangkap agar pada setiap fase-fase yang telah dilalui mengalami progres ke arah yang lebih baik. Maka dari itu proses evaluasi ini harus secara teratur dilakukan terhadap kemajuan proses kita.

Kita juga harus bisa melakukan identifikasi, kiranya dimana letak-letak dalam fase kita berproses yang sudah mencapai target, mana yang belum, atau mungkin mana yang harus diganti atau disesuaikan. Disini juga kita harus bersedia untuk menerima perubahan dan terbuka akan hall baru yang mendorong terhadap percepatan proses demi progres yang lebih baik.

Hal terahir yang mungkin bisa menjadi arahan saya adalah, bahwa setiap pembaca atau individu memiliki perjalanan yang unik dan berbeda-beda dalam menjalankan progres tersebut. Di sini penting untuk fokus pada perkembangan diri pribadi lalu kemudian menemukan kebahagiaan dalam menjalani setiapp proses tersebut. Sehingga kembali pada point awal yaitu tercapainya keinginan dan terget yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oleh : Muhammad Ragil Ar-Raqiib (arraqiibragil@gmail.com), Tokoh Pemuda Kabupaten Kuningan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa) diatas nilai normal. Diabetes bukan penyakit yang menakutkan, hanya...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Memperingati ulang tahun salah satu karyawan terbaiknya, PT Easga menggelar Trofeo di lapangan mini soccer Ancaran, Kamis (6/7/2023) kemarin. Dalam trofeo...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Bos Sangkan Park, H Tenggono, baru-baru ini menggelar diskusi dengan kaula muda. Lelaki berusia 27 tahun itu, membahas banyak hal terutama...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Unsur yang harus dipenuhi dalam pembentukan negara adalah pemerintahan, wilayah, dan rakyat. Berkaitan dengan usnur tersebut, di dalam suatu negara pasti...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Perkembangan teknologi sekarang ini telah berjalan begitu pesatnya sehingga mau tidak mau semua orang harus berusaha mengikuti setiap trend terbaru agar...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Dagelan Politik kembali terjadi di DPRD Kuningan, saya sudah lupa ini kejadian yang keberapa kali dari semenjak pelantikan para wakil rakyat...

Business

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus 2023 mendatang, rencananya Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat mulai melayani penerbangan debarkasi umrah. Dan salah satu travel umroh yang...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Salah satu tim sepakbola asal Kuningan, Lakemba Muda FC berhasil menjuarai ajang Liga TopSkor (LTS) U-17 zona Cirebon 2022-2023. Tim yang...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kepala Desa Karangbaru Kecamatan Ciwaru Andi Supriatno S Pd, secara gamblang membantah satu-persatu tuduhan dari pendemo pasca dirinya diminta paksa mundur....

Incident

KUNINGAN (MASS) – Korban meninggal akibat kecelakaan yang melibatkan bus di Cihidenghilir Kecamatan Cidahu, adalah warga setempat. Almarhum bernama Jaeni itu, merupakan warga Dusun...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Beberapa hari lalu, kuningan dihangatkan dengan gerakan yang dibetuk oleh para mahasiswa yang asli kuningan namun kuliah diluar kota. Kilas balik...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Tingginya angka kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Kuningan menjadi sorotan dan perhatian kita bersama. Saya baru menyadari kenapa data statistik Pusat...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Malang memang nasib Amir, warga Desa Bakom Kecamatan Darma ini. Pasalnya, pada Senin (2/1/2023) siang ini, motor yang dikendarainya, raib saat...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kreativitas merupakan hal penting dalam masa perkembangan Anak Usia Dini (AUD). Anak akan memperoleh kesempatan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan berekspresi menurut...

Business

KUNINGAN (MASS) – Pernahkah anda kesulitan saat membaca koran, melihat handphone, atau melihat tulisan dalam jarak dekat? Bisa jadi anda mengalami Presbiopia. Presbiopi adalah...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pada Pemilu 2024 nanti, sekitar 40% DPT (Daftar Pemilih Tetap) adalah kalangan muda. Hal itu, tentu akan jadi rebutan para kandidat...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabar gembira datang untuk kalian yang bercita-cita untuk mengabdi sebagai pegawai negri atau pegawai pemerintahan. Pasalnya, saat ini Kabupaten Kuningan membuka...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Era tahun 1990-an ketika penulis awal-awal berkunjung ke Jakarta dengan menggunakan bus kebanggan warga Kuningan yaitu Luragung Jaya, bus-bus Luragung Jaya...

Business

KUNINGAN (MASS) – Punya tempat tinggal, tentu keinginan dan kebutuhan banyak orang. Punya rumah dengan akses yang dekat dengan pusat kota, jadi nilai tambah....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 150 perantauan asal Kuningan di Jabodetabek, nampak bersuka ria dalam perayaan Hari Jadi Kuningan 524 di WTC Mangga Dua Mall...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada pertandingan sepakbola di turnamen Taruna Harapan Cup yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, diwarnai kericuhan, Kamis (22/9/2022)...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Sebelumnya, sempat terjadi aksi “penyegelan” Masjid Miftahul Falah Desa Cileuluey Kecamatan Cigugur menggunakan kain putih oleh sejumlah warga. Penyegelan itu, buntut...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Warga Kuningan ramai-ramai menyaksikan acara sapton dan panahan tradisional di lapangan sepak bola Desa Ancaran, Sabtu (1/9/2022) kemarin. Acara dimulai sejak...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 kemarin, seluruh masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke 77 dengan begitu khidmat. Berbagai aktivitas...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Drs H Ihsan Marzuki MM, dalam statement pertamanya sebagai anggota DPRD Kabupaten Kuningan, menyebut kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun”. “Sesungguhnya segala...

Religious

DARMA (MASS) – Ribuan warga Desa Sakerta Barat Kecamatan Darma nampak mengikuti arak-arakan pawai obor sebagai bentuk suka cita dan antusiasnya memasuki 1 Muharram,...

Advertisement