Balap Sepeda Usai, Ini 10 Fakta Penting Tentang Tour de Linggarjati V

KUNINGAN (MASS)- Balap sepeda bertajuk Tour de Linggarjati V usai digelar. Selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu (13-15 September) warga di Kuningan dihibur dengan penampilan  ratusan pembalap yang bersaing sengit untuk meraih juara.

Kuninganmass.com yang meliput sejak awal hingga akhir akan merinci 10  fakta penting tentang TdL V yang menyedot ribuan penonton.

1. Tour de Linggarjati  V melintasi 117 Desa yang berada di 23 Kecamatan. Sedangkan  TdL IV  hanya melintasi 106 desa di 18 kecamatan sehingga lebih gebyar pelaksanaannya meski tidak menyeluruh ke 32 kecamatan.

2. Untuk Tour de Linggarjati V, panitia merubah  rute. Sebelumnya rute melintas wilayah barat- timur dan utara Kuningan sekarang utara dan selatan saja.

Dan yang paling diingat oleh pembalap rute yang ditempuh untuk kelas IRR sepanjang 103 KM melintas ke Ciniru, Hantara, Cilebak, Subang, Selajambe dan Darma. Rute ini sangat ekstrim sehingga banyak peserta  yang tumbang baik kelelahan ataupun mengalami kecelakaan.

3. Untuk jumlah peserta Tour de Linggarjati lebih banyak karena diikuti 503 atau mengalami peningkat dan tahun 2018  mencapi 200 orang. Tahun ini juga hadir puluhan atlet dari 9 negara baik membawa bendera tim maupun sendiri.

4. Kategori yang diperolombakan dalam Tour de Linggarjati V, bukan hanya Individual Time Trial, Individual Road Race dan Criterium, tapi juga ada kategori  Boy Challenge dan Girl Challenge, Master A dan Master B.

5. Untuk titik star dan finish bergeser ke Jalan Siliwangi atau di depan Pertokoan Siliwangi. Sebelumnya selalu dilakukan di depan Pendopo Kuningan. Keputusan pindah lokasi sangat efektif karena TdL lebih gebyar.

6. Untuk  Juara Umum tahun lalu Men Elite Joniel Carcueva dari Philipana dari Team Go For Gold dengan poin 43. Lalu, Juara umum Men Junior diraih oleh  Angga Dwi Wahyu Prahesta Team PPLP Jatim dengan 46 poin.

Tahun ini semua Juara Umum adalah pembalap lokal yakni Aiman Cahyadi PGN Road Cycling Team dengan poin 40. Sedangkan Women Elit jadi milik Ayustina Dellia Priyatna dengan poin 57.

7. Untuk kegiatan Fun Bike dikiti 10 ribu peserta dari lebih 190 klub sepeda di Indonesia. Ini merupakan salah satu pemecah rekor fun bike dengan peserta  terbanyak di Indonesia.

8. Ada Kuldesak yakni Kuliner Dewi Sartika , dimana kawasan Dewa Sartika ditetapkan sebagai pusat kuliner di Kabupaten Kuningan. Pada Saat itu juga digelar Festival de Linggarjati.

9. Hadirkan lima penyanyi papan atas yakni Hesty Klepek, Siti Liza, Alif Aulia, Diana Satra dan Dhimas Tedjo. Hesty Klepek adalah penyanyi dangdut yang sukses menghibur penonton.

Begitu juga dengan Siti Liza, penyanyi Pop asal Padang Sumetra Barat ini  menggebrak dengan lagu-lagu pop melayu. Sementara Alif Aulia merupakan finalis Liga Dangdut 2019. Ia mewakili Provinsi Kalimatan Timur pada ajang yang digelar Indosiar itu. Alif sendiri tampil apik menghibur para atlet dan juga warga Kuningan.

Penyanyi ke empat adalah Diana Sastra. Bagi warga kehadiran artis tarling ini membuat penonton terpuaskan. Sedangkan Dhimas Tedjo.

Penyanyi rupawan dengan khas blangkon di kepala ini adalah penyanyi asal Jogjakarta kelahiran 5 Oktober 1980. Dimas merupakan penyanyi serba bisa baik campur sari, dangdut hingga pop itu sukses menghibur penonton.

10. Adanya Tour de Linggarjati V membuat warga di pedesaan sangat antusias, sehingga even internasional ini bisa dinikmati oleh semua warga Kuningan. Mereka sangat antusias menyambut TdL dengan membantu pantia membersihkan jalan.(agus sagi mustawan)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com