Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Government

Sowan ke Pendopo, Berikan Uang Pecahan Rp75 Ribu

KUNINGAN (MASS)-  Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Bakti Artanta Selasa (25/8/2020) sowan ke Pendopo. Rombongan BI bertemu dengan Bupati Kuningan H Acep Purbam dan Wabup HM Riho Suganda.

Rombogan BI sengaja datang untuk memberikan kenang-kenangan uang peringatan kemerdekaan RI ke-75. Selain olah bupati dan wabup, rombongan diterima oleh Sekda Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, , Para Asisten Sekretaris Daerah, dan para Staf Ahli Bupati.

Seperti diketahui BI mengeluarkan uang kertas baru pecahan Rp75 ribu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75.

Penerbitan uang pecahan ini sudah direncanakan sejak 2 tahun lalu dan terealisasikan pada tanggal 17 Agustus 2020 saat momen kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami adanya arahan dari kantor pusat bahwa pimpinan daerah ini untuk diberikan kenang-kenangan berupa uang pecahan Rp.75.000 dalam rangka HUT RI ke-75,” jelasnya.

Terdapat juga 3 tema dibalik uang pecahan kertas ini yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Makna tersebut lanjut ia,  meliputi peristiwa proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus tahun 1945 oleh proklamator Soekarno-Hatta.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemudian, berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan yang digambarkan dengan Jembatan Youtefa, MRT, LRT, dan jalan tol Trans-Jawa.

Pada halaman belakang, bermakna memperteguh kebhinekaan dengan gambar anak-anak berpakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur Indonesia.

Halaman belakang uang kertas itu juga bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital dengan simbol satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Diterangkan, antusiasme masyarakat mengenai uang pecahan Rp75 ribu  sangat luar biasa dan harapannya 1 keluarga memiliki uang jenis ini, karena BI secara nasional hanya mengeluarkan 75 juta untuk uang pecahan kertas tersebut.

“Masyarakat dapat menukarkan uang tersebut ke BI secara kolektif dan uang ini dapat dipergunakan sebagai bentuk transaksi pembayaran. Namun lebih baik uang tersebut disimpan sebagai koleksi karena khusus dikeluarkan untuk perayaan HUT RI ke 75,” jelasnya.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat  Jumat (24/1/2020) melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Kuningan. Rombongan yang diketuai oleh Dadang Kurniawan SIP  MHum...

Education

KUNINGAN (MASS)- Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia (HMKI) bersilaturahim ke Pemerintah Kabupaten Kuningan pada Senin (13/1/2020). Rombongan diterima oleh Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar,...

Advertisement