Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Sosialisasi Pengurusan PRIT, Sertifikasi Halal dan Kemasan

KUNINGAN (MASS) – Sebagai wujud kepedulian terhadap pelaku UMKM di Desa Jamberama, Satgas TMMD ke-111 gelar Sosialisasi Pengurusan Perizinan Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikasi Halal dan Kemasan, di Aula Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Senin (28/6/2021).

Menurut Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U. Kusmana melalui Kasi Industri Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, Alfin sosialisasi ini untuk mempermudah pemilik usaha rumahan agar memperoleh pengetahuan mengenai prosedur dan persyaratan untuk mengurus ijin PIRT, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing produknya dengan yang lain.

“Mengingat dalam ranah perdagangan, produsen perlu mendapat kepercayaan dari konsumen,” ujarnya.

Hal tersebut merupakan aspek sangat penting dalam memperluas pasar yang akan berpotensi meningkatkan omset dan keuntungan dalam jangka panjang.

Dalam paparannya Alfin menyampaikan materi diantaranya jenis pangan produksi yang diizinkan maupun tidak diizinkan untuk memperoleh SPP-IRT, jaminan produk dan pangan halal, serta hak konsumen maupun produsen.

Terpisah, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan mengatakan, ijin PIRT merupakan instrumen yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha masyarakat.

Diterabgkan, TMMD bukan hanya membangun sarana fisik saja, tapi TNI perlu melakukan pemberdayaan sumber daya manusia salah satunya dengan sosialisasi seperti ini.

“Karena usaha yang berhasil tergantung dari pengetahuan pelaku usaha tersebut dalam mengelola bidang usahanya,” ujarnya.

Selain memberikan penyuluhan Diskopdagperin Kabupaten Kuningan pun membagikan 3000 masker yang diserahkan kepada Kepala Desa Jamberama, Suryaka.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement