28 Kepsek di Lingkungan PUI Resmi Dikukuhkan

CIAWIGEBANG (Mass) – Sebanyak 28 kepala sekolah atau kepala madrasah di lingkungan perguruan Persatuan Umat Islam (PUI) dilantik dan dikukuhkan langsung Wakil Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH di Aula Desa Ciawigebang, Jumat (29/4). Acara disaksikan langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H Yosep Setiawan MSi, Ketua TP PKK, Hj Ika Siti Rahmatika, Camat Ciawigebang, Yunara SSos, Ketua PUI Kuningan, Toto Toharudin, dan Ketua PGRI, Pipin Mansur Arifin.

Dalam laporannya, Ketua PUI Kuningan, Toto Toharudin mengaku bahwa, kegiatan pelantikan serta pengukuhan kepala sekolah atau kepala madrasah di lingkungan perguruan PUI ini juga sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H.

“Kegiatan ini merupakan upaya menyongsong Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan yang akan dicanangkan pada tanggal 2 Mei nanti. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan,” ajaknya.

Peserta didik di lembaga pendidikan PUI sendiri kata Toto, terbilang cukup banyak, salah satunya yakni MTS PUI Ciawigebang. Walau kondisinya kumuh dan memprihatikan, anak didiknya saat ini sudah mencapai 1.153 orang, belum termasuk di MI dengan peserta didik yang berjumlah 450 siswa.

Sementara Wakil Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH menuturkan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan pembinaan kehidupan beragama, pendidikan, dan pembangunan nilai-nilai luhur kebangsaan yang sangat diperlukan secara bersama-sama.

“Kuatnya pembangunan kehidupan beragama, diyakini dapat memberi nilai tambah dalam mendorong dan memotivasi gerak pembangunan secara menyeluruh. Teristimewa dalam mengapresiasi terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas pada tataran beriman, berilmu, dan berakhlaqul karimah,” katanya.

Menurutnya, keberadaan PUI khususnya bidang pendidikan sangat besar artinya bagi pengembangan SDM dalam upaya mewujudkan siswa yang berakhlaqul karimah. PUI saat ini merupakan lembaga pendidikan islam terbesar dengan menaungi 28 lembaga pendidikan.

“Pemerintah Kabupaten Kuningan mengapresiasi langkah perguruan PUI dalam memberikan sumbangsih pencerdasan anak bangsa. Saya berpesan agar PUI terus bersikap Fastabiqul Khoerot atau berlomba-lomba dalam kebaikan,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, khususnya bagi para kepala sekolah atau kepala madrasah yang telah dilantik agar kembali pada fitrahnya sebagai pengajar atau pendidik.

“Mari kita ciptakan SDM yang berkualitas melalui pendidikan yang terbaik,” pintanya.

Dalam agenda tersebut, usai menyaksikan pelantikan serta pengukuhan kepala sekolah atau kepala madrasah, Wakil Bupati dan Ketua TP PKK didaulat untuk mengajar atau memberikan motivasi kepada siswa-siswi MTS PUI Ciawigebang. Bahkan, hampir selama satu jam Wakil Bupati Kuningan memberikan arahan dan motivasi kepada para siswa didalam satu ruangan kelas. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com