Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

SMPN Mandirancan Sambut Ramadhan, Gelar Pengajian dan Makan Bersama

KUNINGAN (MASS) – Dampak Covid-19 khusus nya dikalangan dunia pendidikan sangat berpengaruh yang signifikan. Pasalnya bukan hanya guru yang repot bahkan orang tua dan murid pun Ikut resah.

Bagaimana tidak hampir 1 setengah tahun pandemi covid-19 ini melanda dunia ini.

Bangsa Indonesia yang terus berusaha melawan covid-19 ini bahkan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga aman, Imun dan Iman.

Hal ini disadari oleh di dunia Pendidikan khususnya di SMPN 1 Mandirancan, sehingga selain mendirikan grup senam untuk menjaga Imun agar tetap sehat dan bugar, maka demi seimbangkan dan membentuk Iman yang kuat dibentuk lah Majelis Taklim Darul Ilmi.

Majelis ini adalah Kajian Safinah Tafsir Jalalain Juz 30. Yang di rintis dan di Prakarsai oleh Guru PAI yaitu H Tasmin,M.Pd.I (Wakasek Kurikulum), Khaerudin SAg, dan Hj Nurohmatilah, SAg.

Dengan di dasarkan Oleh Hadist Rosulullah SAW dalam Kitab al Mu’jam Al Kabir bahwa apabila kamu melewati taman surga, maka duduklah disitu dan beristirahatlah disitu.

Apa itu taman surga ucap para sahabat? Kemudian Nabi menjawab “Taman surga Adalah Majlis Majlis Ilmu”.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ya tepat nya hari ini Selasa (6/4/2021) digelar Pengajian rutin mingguan. Minggu ini sudah Menginjak pekan ke 27 dan ini pekan terakhir untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Untuk pekan terakhir penceramah yang dihadirkan penceramah dari KUA Kecamatan Mandirancan bagian penyuluhan Agama Islam yaitu Asep Sopiyudin, S. Ag.

Pengajian dimulai dengan membaca shalawat Nabi dilanjutkan membaca Tafsir Jalalain Juz 30 yang di ikuti oleh seluruh guru, komite sekolah, TU,tenaga pendidikan SMPN 1 Mandirancan serta dihadiri juga oleh sebagian Alumni angkatan 1996.

Mereka yang sehari sebelumnya sudah kerja bakti membersihkan musala dan lingkungan SMP.

Rencannya Mereka (Para Alumni) hadir sekalian akan merencanakan untuk untuk Reuni akbar.

Kemudian setelah itu dilanjut kan dengan Ceramah dan tanya jawab. Setelah selesai Pengajian dilanjutkan dengan acara makan bersama sebagai tanda syukur untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillahirobbila’lamin saya merasa Bangga dan banyak mengucapkan Terima kasih sebesar besarnya kepada para guru PAI yang telah membentuk Majlis Taklim,” ujar Kepala SMPN I Mandirancan Didi Mulyadi, SPd.

Diternagkan, Kajian Safinah Tafsir Jalalain Juz 30 di Mesjid Darul Ilmu SMPN 1 Mandirancan ditengah pandemi Covid-19 tujuan duntuk membentuk karakter dan Iman para guru, dlstap TU dan juga tenaga pendidikan agar lebih baik semakin kuat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sehingga ini sangat cocok dan akan diteruskan dan dilanjutkan kedepannya.

Terima kasih juga atas suport dan dukungan para guru dan stap TU, komite yang telah mengikuti kegiatan, disamping belajar online dan membuat/memberikan materi pembelajaran daring.

Tetapi lanjut dia, tidak merupakan hambatan para guru tetap semangat hadir mengikutinya.

“Semoga kegiatan yang bermanfaat ini mendapatkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT aamiin,” pungkasnya.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Menjadi seorang perempuan bukanlah pilihan, melainkan kodrat atau takdir yang telah di tetapkan dan di tentukan olah Allah SWT. Perempuan diciptakan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Kabupaten Kuningan masuk nominasi lima besar hasil penilaian profil lomba akseptor KB lestari, penyuluh KB dan kader IMP terbaik tingkat Provinsi...

Religious

KUNINGAN (MASS)- Doa Hari kedua Ramadhan: اَللَّهُمَ قَرّ ِ بْنِيْ فِيْهِ اِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنَّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَنَقِمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرآئَةِ اَيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Puasa menurut bahasa adalah Al Imsak, atau menahan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan menahan, bisa disebut puasa secara bahasa. Sedangkan menurut...

Advertisement