Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

SMK Swadaya PUI, Sekolah Kejuruan Swasta Pertama di Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Hari ini, di Kuningan ada banyak sekali sekolah kejuruan swasta, yang tentu juga mampu bersaing dengan sekolah negri. Banyak jurusan yang bisa dipilih oleh siswa untuk mendalami keterampilan praktik tertentu.

Namun, mungkin banyak yang belum tahu bahwa sekolah yang satu ini adalah sekolah kejuruan swasta pertama di Kuningan. SMK Swadaya PUI Kuningan, dulu namanya STM.

Hal itu, diutarakan Kepala Sekolah Dadan M Dipraja ST pada kuninganmass.com, Rabu (20/7/2022) pagi.

“Sekolah kejuruan swasta pertama di Kuningan. Awalnya tahun 1977, namanya masih STM,” ujarnya.

Sebelumnya, SMK Swadaya PUI Kuningan sendiri berdiri di Jalan Syekh Maulana Akbar – Kuningan. Namun, pada tahun 2000-an, SMK ini pindah ke Cilimus, sampai saat ini.

“Dulu kita masih banyak siswa dari Cikijing juga,” tuturnya.

Sekolah yang bertempat di Jalan H Bakri no 94 Cilimus ini, kini memiliki 4 jurusan yang bisa dipilih. Mulai dari Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Lalu ada juga jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO), serta Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Fasilitas yang disediakan untuk pembelajaran siswa juga terbilang lengkap. Apalagi, baru-baru ini SMK Swadaya PUI mendapat perangkat alat yang lengkap untuk instalasi tenaga listrik.

SMK swasta yang satu ini, selain dikenal sebagai sekolah PUI, juga mendapat julukan seperti sekolah lainnya.

Jika SMK Luragung dikenal dengan “Bonti (Kebon Tiwu), lalu SMk Muhammadiyyah dengan “Dos Q (Dahlan Of School Quran)” maka sekolah ini sempat dijuluki “Pirgo (Pipir Goang)” karena letaknya tak jauh dengan sungai.

Sekolah PUI (Persatuan Ummat Islam) sendiri, selain SMK Swadaya ini, cukup banyak tersebar di Kuningan. Mulai dari tingkat TK, tingkat dasar, SLTP, hingga SLTA. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Advertisement