Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Siswa PAUD Ikuti Peragaan Manasik Haji, Ini Tujuannya

KUNINGAN (MASS_ – Sebanyak 7.000 peserta didik PAUD nonformal Selama dua hari 25-26/10/2017) menggikuti peragaan manaksik haji di Open Space Gallery Linggarjati. Acara rutin tahunan ini melibatkan peserta didik dari 32 kecamatan.

Ketua Himpaudi(Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Kuningan H Timu MPd menyebutkan, tujuan digelarnya peragaan manasik haji adalah untuk mengenalkan nilai-nilai Islam sejak dini kepada mereka. Dengan begitu maka mereka akan menjadi generasi Islami yang berguna untuk masa depan Kuningan.

Bukan hanya itu, kegiatan manasik juga memberikan pengetahuan tentang ibadah haji yang termasuk rukun Islam nomor 5. Sebab, ketika diperkenalkan sejak dini maka mereka setelah dewasa akan ada keinginan untuk menunaikan ibadah haji.

“Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dan Alhamdulillah selalu diikuti dengan antusias,” ucap mantan Kepala SDN Tembong itu, Kamis (26/10/2011).

Timu menerangkan, praktek latihan manasik haji bagi anak-anak adalah langkah awal yang baik dalam upaya mengenalkan anak terhadap ajaran Islam. Al-qur’an secara tegas memposisikan anak dalam beberapa posisi sebagai qurota’ayun (sebagai permata hati),anak di posisikan sebagai fitnah (ujian) bagi kedua orang tuanya.

Anak juga diposisikan sebagai zuyin (perhiasan)| dan anak juga diposaisikan sebagai aduwummubin (musuh yang nyata)bagi kedua orang tuanya.

Pada dasarnya hidup lanjut dia, adalah pilihan, oleh karena itu mau dibawa kemana anak-anak kita kelak, tentunya jangan sampai aduwumubin (musuh yang nyata) bagi kedua orang tuanya dan lingkungannya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara itu, acara pada hari pertama dibuka oleh Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama dan di hari terakir oleh Bupati H Acep Purnama.

Selain itu juga tampak Kadisdikbuf Dr Dian Rahmat Yanusi MSI. Lalu, Kabid Pembinana Paud dan Dikmas Drs Elan Carlan.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement