Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Simulasi Timbang Hidup Sapi Qurban, Rugi Atau Nggak Ya?

KUNINGAN (MASS) – Jual beli hewan ternak, terutama sapi, memang ada seninya. Pasalnya, ada beberapa ukuran yang digunakan, mulai dari taksiran, timbangan hidup, hingga berupa timbangan daging.

Berikut ini, adalah penjelasan jual beli timbang hidup hewan ternak. Penjelasan ini, disampaikan langsung pemilik perternakan “Belakang Rumah Farm” Asep Abdurrahman.

“Sistem timbang hidup itu, jualan sapi secara diukur beratnya terlebih dahulu menggunakan timbangan sehingga mudah menghitung kemungkinan hasil karkas dan dagingnya,” ujarnya menerangkan, Minggu (26/6/2022) sore.

Keuntungan dan kelebihan penjualan secara ditimbang hidup, lanjut Asep, yakni ada kepastian berat sapi sehingga mudah menghitung kemungkinan hasil karkas dan dagingnya.

“Pembeli juga tidak khawatir dengan harga kemahalan seperti jika menaksir sapi di pasar hewan. Karena harga sapi pasti sesuai dengan berat timbangannya,” tambahnya.

Proses jual beli dengan cara timbang hidup sendiri, bisa berlangsung cepat karena tinggal mengalikan harga per kg dengan berat sapi yang ditimbang.

“Jika anda membeli sapi Qurban dengan bobot timbangan 400kg, maka berikut estimasi perhitungan daging Qurban yang dapat Anda sodaqohkan,” sebutnya sembari memberikan cara hitung.

Berikut cara hitungnya:
Karkas = 57% x Kg berat badan sapi
Daging = 75% x Karkas yg diperoleh
Simulasinya:
Berat sapi = 400kg
Karkas = 57% x 400kg berat sapi = 228kg karkas
Daging = 75% x 228kg karkas = 171kg daging
Note : Karkas adalah tulang dan daging diluar kaki, kepala, kulit dan jeroan.

Karenanya, lanjut Asep, setelah dilakukan pembelian akan bisa terukur berapa bungkus kantong yang bisa dibagikan.

“Jika anda ingin membagikan 1 kantong berisi 1kg karkas, maka dengan sapi Qurban bobot 400kg dapat bersodaqoh kepada 228orang,” sebut Asep.

Lebih lanjut, Asep mengatakan pentingnya jual beli sapi timbang hidup. Selain menciptakan trust (kepercayaan), juga bisa membuat estimasi daging dan karkas yang didapat ketika hendak membagikan daging qurban.

Untuk konsultasi hewan qurban, Asep, pemilik perternakan “Belakang Rumah Farm” bisa dihubungi melalui DM ig @abdurahmanatmadja atau whatsapp ke 085-321-97-87-67 / 0813-2424-0813. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Ada yang berbeda dipelaksanaan qurban tahun ini, DT Peduli Kuningan gelar qurban bersama sahabat disabilitas. Ya, kegiatan ini bisa dibilang merupakan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Gema takbir, tahlil, tahmid menggema di setiap masjid dan musala memperingati hari raya Idul Adha. Termasuk di Masjid Agung Syiarul Islam...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Organisasi Islam Muhammadiyyah, menetapkan Hari Raya Idul Adha (10 dzulhijjah 1443 H), untuk tahun ini akan jatuh pada Sabtu, 9 Juli...

Health

KUNINGAN (MASS) – Menjelang Hari Raya Idul Adha, memilih hewan qurban, menjadi salah satu yang penting untuk dipertimbangkan. Hewan haruslah sehat, agar bisa dipertimbangkan,...

Advertisement