Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Si Cantik Rasi Calon Ratu Penguasa Rimba Gunung Ciremai Sudah Datang, Siap Disandingkan Dengan Slamet Ramadhan

KUNINGAN (MASS)- Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (Balai TNGC) bersama PPS Cikananga dan Kebun Binatang Gembiraloka menyambut kedatangan Si Cantik Rasi yang merupakan Macan Tutul Betina yang dinobatkan menjadi Ratu Penguasa Rimba hutan TNGC.

Rasi diserahkan oleh masyarakat Kampung Bunisari, Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat kepada BBKSDA Jawa Barat dan kemudian langsung direhabilitasi di PPS Cikananga pada tanggal 2 Juli 2019.

Rasi ditemukan di perbatasan hutan dengan pemukiman dengan usia
perkiraan 3-6 bulan dan sekarang Rasi telah berusia 2,6 tahun tahun dengan berat 50 kg.

Selain untuk bersanding dengan Slamet Ramadhan, Rasi ditujukan untuk memancing Slamet Ramadhan untuk membuka GPS Colar yang telah dipasang pada saat dilepasliarkan.

Kepala BTNGC Teguh Setiawan, menyampaikan persiapan yang sudah dilakukan
sebelum kedatangan Rasi.

Diterangkan, pada Bulan November 2021, diskusi dengan para pihak telah
dilakukan yaitu LPPN Universitas Kuningan, Peduli Karnivora Jawa dan Sintas Indonesia.

Kemudian pada tanggal 7 Desember 2021 telah dilakukan sosialisasi kepada Pemerintah daerah yang dihadiri langsung oleh Bupati Kuningan dan Muspika terkait khususnya yang berbatasan dengan Blok Bintangot.

“Doakan ya teman- teman semoga perjodohan ini direstui alam semesta,” ujar Teguh kepada wartawan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ditempat yang sama Robi Gumilang selaku koordinator spesies macan tutul mengatakan, kandang habituasi juga telah selesai terbuat dari rangka baja yang disusun dan disesuaikan untuk keamanan dan keselamatan macan tutul
jawa.

Adapun ukurannyabdengan luas permukaan totalnya adalah 66 m2 , tinggi 4-6 meter dari permukaan tanah dengan volume totalnya adalah 204 m3.

“Kandang tersebut dilengkapi total tujuh pintu untuk
dapat dioperasikan sebagai pintu jebakan, pintu keluar, dan pintu pemberian pakan,” jelasnya.

Kandang habituasi ini akan dihuni oleh Rasi dan akan dipantau penuh oleh tim.
Tepat 3 hari sebelumnya, Tim telah melakukan pemasangan CCTV sebagai media untuk mengawasi pergerakan Rasi selama di kandang Habituasi.

Vanda, Manager Kebun Binatang Gembira Loka menambahkan, pemasangan CCTV ini sudah didesain aman untuk memantau aktivitas Rasi.

“CCTV yang akan dipasang berjumlah tiga, yang satu di kandang pemberian makan dan yang duanya berada diatas kandang habituasi, CCTV yang dipakai amandari hujan dan jangkauan Rasi”Jelasnya.

Sementara kedatangan Rasi pagi ini (31/1/2022) didampingi oleh Tim PPS Cikananga yaitu drh Bilar, Ingadan Cahyono. Dan Tiba di kantor Balai TN Gunung Ciremai pukul 04.30 WIB dengan kondisi yang
sehat dan baik.

Perjalanan panjang dari PPS Cikananga sepertinya tidak membuat Rasi
stress dengan menunjukkan tingkah laku yang agresif, namun terlihat tenang.

Drh Bilar menyebutkan bahwa Rasi telah divaksin rabies pada tahun 2021. Pukul 07.00 WIB, Tim bergerak menuju kandang habituasi dan dikawal langsung oleh Kasat Polisi Kehutanan TNGC, Oman Dede Permana dan Tim Macan Tutul Balai TNGC.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Rombongan Tiba di lokasi, dengan ketinggian 915 mdpl dan kondisi cuaca yang cukup hangat memberikan kenyamanan kepada Rasi untuk berpindah tempat.

Pengkondisian kandang habituasi dilakukan dan Rasi masuk
ke kandang habituasi pukul 10.00 WIB.

Setelah begini kita tunggu perkembangan selanjutnya. Apakah keberadaan Rasi di
kandang habituasi akan mengundang Slamet Ramadhan untuk keluar?atau Slamet
Ramadhan yang menunggu Rasi di kawasan TNGC?(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement