Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Setor Hafalan 5 Juz Dalam Sekali Duduk, Dimana?

KUNINGAN (MASS) – Madrasah Tsanawiyah Husnul Khotimah 2 Kuningan melalui urusan Tahsin dan Tahfidz Al-Quran (TTQ) menyelenggarakan Parade Tasmi Al-Quran 5 juz, Senin (26/4/2021) kemarin. Dalam acara ini, peserta diharuskan untuk menyetorkan hafalan sebanyak 5 juz dalam sekali duduk.

“Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta. Awalnya memang saya menargetkan kisaran 20 peserta saja. Ternyata dalam perjalanannya sampai dengan H-1 pendaftar hingga 35 peserta,” jelas kepala MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, Danni Abdurahman MPd.

Danni mengatakan, sebetulnya Parade Tasmi ini tidak hanya dilaksanakan dalam hari itu saja. Tapi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemantapan hafalan santri, dan dilaksanakan beberapa pekan sebelumnya.

“Satu bulan sebelum pelaksanaan memang sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya setiap hari Ahad dari jam 8 sampai jam 14 mengadakan karantina khusus untuk peserta tasmi tersebut dalam rangka mempersiapkan kegiatan di hari H,” tuturnya.

Khususnya di bulan Ramadhan ini, Danni mengharapkan acara tersebut menjadi syiar kepada para santri. Karena memang Ramadhan adalah bulan Al-Quran. Juga sebagai uji publik bagi santri dalam rangka memperkuat hafalan dan memantapkannya.

“Tujuan dari Tasmi ini yaitu sebagai bentuk Syiar Quran khususnya di bulan Ramadhan ini yang juga dikenal dengan bulan Al-Quran. Juga untuk uji publik hafalan santri,” ujarnya.

Ia juga merencanakan kegiatan ini akan terus berlangsung menjadi kegiatan setiap satu semester. Yang diharapkan Danni akan terus mendapatkan dukungan dari setiap asatidz di Pontren Husnul Khotimah 2 Kuningan.

“Tasmi ini perdana secara khusus di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan dan secara khusus akan kami jadikan sebagai kegiatan semesteran ke depannya. Alhamdulillah atas dukungan semuanya bisa mewujudkan kegiatan ini dengan baik,” ungkapnya.

Danni menambahkan dalam Parade Tasmi ini, semua santri berhasil memenuhi target hingga 100%. Artinya seluruh peserta berhasil menyelesaikan setor hafalan sekali duduk sebanyak 5 juz ini.

“Karena kita rencanakan dari awal dan melalui proses tadi, alhamdulillah target yang diberikan hampir mencapai 100% dikarenakan ada salah satu santri yang sakit. Peserta yang mengikuti berasal dari kelas 7 dan kelas 9,” jelas Danni. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement