Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Incident

Serang Warga dan Jarah Warung, Kera Ekor Panjang Resahkan Warga Ciawigebang

CIAWIGEBANG (MASS) – Hewan kera liar jenis ekor panjang (Macaca Fascicularis) dilaporkan menganggu dan meresahkan, serta menyerang masyarakat Desa/Kecamatan Ciawigebang, tepatnya di Dusun Pahing.

Selain karena menyerang warga, kera juga dilaporkan menjarah makanan di warung, dan merusak atap rumah serta tanaman milik warga setempat.

Merespon laporan tersebut, UPT Damkar Kuningan melakukan mitigasi pada Minggu (14/8/2022) siang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepala UPT damkar M Khadafi Mufti M Si mengatakan, laporan tersebut disampaikan lanhsunh oleh kadus setempat Amin Nuryamin pada pihaknya.

“Setelag dilakukan mitigasi, hewan kera ekor panjang (macaca Pascicularis) ini sudah ada sejak seminggu yang lalu muncul di pemukiman penduduk,” ujarnya.

Kera liar ini, lanjut Khadafi, mulai melakukan pencarian makanan, memasuki wilayah sekitarnya dan meresahkan warga.

“Analisis sementara, datangnya hewan tersebut karena terpisah dari kawanan sehingga mencari makanan di sekitaran pemukiman penduduk,” imbuhnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Setelah dilakukan mitigasi dan mapping ke wilayah sekitar, Khadafi mengatakan dalam kesempatan itu dilakukan juga sosialisasi penanganan kera dengan menggunakan bahan-bahan yang menimbulkan suara ledakan dengan karbit dan air.

“Kera tersebut melarikan diri ke perkebunan/hutan. Jika nanti kera tersebut kembali akan ada tindakan selanjutnya,” tuturnya.

Di akhir, Khadafi mengimbau masyarakat yang melihat kera di oemukiman tidak mengganggu dan memberi makan. Lakukan saja pengusiran dengan alat pengaman seperti kayu, sarung tangan dan helm. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Sport

KUNINGAN (MASS) – Setelah sebelumnya jadi pertanyaan siapa yang akan melawan Cobra FC Kertayasa di babak final Tunas Harapan Cup Pangkalan Ciawigebang, akhirnya terjawab....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada pertandingan sepakbola di turnamen Taruna Harapan Cup yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, diwarnai kericuhan, Kamis (22/9/2022)...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus belum usai. Kemeriahan demi kemeriahan di bulan kemerdekaan ini, dilakukan oleh berbagai kalangan warga. Pun begitu dengan santri dan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pada hari ini, Kamis (25/8/2022) siang, UPT Damkar Satpol PP Kuningan baru saja menerima dua kera ekor panjang (Macaca Pascicularis) dari...

Advertisement