Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Lifestyle

Senja Di Kolam Kita Bersama Iksan Skuter

KUNINGAN (MASS) – Sore itu, Senin (15/11/2021), dengan diiringi rintik-rintik kecil hujan dan embun, alunan lagu menemani lembutnya senja di Kolam Kita. Tepatnya di Jalan Pajambon Desa Cisantana Kecamatan Cigugur.

Muda-mudi berkumpul, duduk-duduk meski kedinginan sambil menikmati kopi dan hidangan, mendengarkan satu persatu penyanyi yang tampil.

Di ketinggian, dengan rasa dingin yang terasa sampai tulang, muda-mudi tetap terlihat antusias.

Menikmati alunan dari Rasfirdan and Friend, akustiknya Mela Maulus dan penampilan solo-nya Nuggiraitem.

Acara terasa begitu mengalir. Apalagi, dipandu lokal heroes MC Iman Nugoz.

Sesekali, artis kenamaan asli Kuningan, Ence Bagus, juga menemani di atas panggung.

Semua kemeriahan dan kehangatan itu, hadir dalam acara ‘Senja di Kolam Kita Bersama Iksan Skuter’. Seniman nasional, yang besar dan dikenal, sebagai musisi indie.

Lagu-lagunya seperti ‘Bingung’, ‘Rindu Sahabat’, ‘Ayah’ dan banyak lagi lainnya, selain asyik didengar, juga sarat makna, realis dan kritis. Lagi dan sosok Iksan, dengan postur kurus dengan kumis tebal itu, sangat berkarakter.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kala diwawancarai, Iksan, pada kuninganmass menjelaskan kegiatan ini sebenarnya bukan bagian dari tour yang diadakan pihak menejemennya. Hanya saja, waktu antara tour dan undangan memang berdekatan.

“Tapi memang jaraknya berdekatan jadi orang mengira tour. Kalo tour itu bedanya kita yang membuat/manejemen. Kalo ini kita menyesuaikan jadwal pengundang,” sebutnya selepas tampil.

Iksan mengaku, sebelumnya pernah sekali ke Kuningan untuk acara sponsor. Tapi untuk Iksan, pengalaman ini jadi yang pertama dirinya sebagai pribadi diundang rekan-rekan musisi.

“Keren banget kotanya. Apresiasinya bagus. Dan ini jadi spot menarik untuk titik tour kedepannya. Meskipun tadi ada hujan ya, tapi gak masalah karena apresiasinya bagus,” ujarnya sembari tersenyum.

Dirinya berpesan, kedepan seniman-seniman Kuningan tetap semangat. Dan tempat saat itu, kolam kita, diharapnya bisa tetap menjadi space mengapresiasi karya-karya bagi seniman.

“Musisi Kuningan saya tunggu tour Kuningan di kotaku,” ujarnya tersenyum lebar.

Pengelola Kolam Kita Ence Bagus, yang juga artis kenamaan Indonesia asal Cantilan Selajambe juga menjelaskan, kolam kita sejak awal dibuat dan dirintis bukan hanya tempat ngopi dan nongkrong. Tapi juga sebagai art space.

“Sebagai bagian keresahan saya beberapa tahun belakangan. Karena memang, belakangan saya berhubungan dan komunikasi seniman muda Kuningan. Dan yang mereka butuhkan adalah sarana berekspresi,” ujarnya.

Ence Bagus tidak memungkiri, di Kuningan memang ada spot, tapi ada keterbatasan seperti untuk dana dan administrasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ada sebenarnya, seperti di Gedung Kesenian, tapi ada administrasi dan lain-lain. Dan itu wajar karena gedung milik pemerintahan. Tapi anak-anak muda kan cenderung aduh bisi repot tiheula. Keresahan itu lahyang menjadi trigger buat saya untuk membuat ruang apresiasi. Kebetulan saya dipercaya tempat ini, yang kapasitasnya dan ruangnya cukup,” jelasnya.

Kolam kita sendiri, bukan kali ini saja menggelar acara yang bersifat seni. Diceritakan Ence, beberapa pagelaran seperti stand up, film dokumenter, musisi dan bahkan video wedding.

“Salah satu kebutuhan yang paling mendasar seniman, adalah ruang apresiasi. Karena disana, karyanya bisa interaksi dengan penikmatnya,” ucapnya.

Adapun, untuk event sendiri, dikatakannya memang sebelumnya, Ence pernah terlibat dalam projek klip Iksan Skuter -Menepi Menyepi-. Dan saat ada kesempatan di rantaian tour-nya itu, maka konser ini bisa terbentuk.

“Sebenarnya, ada hal yang lebih jauh lagi (ingin dituju dari konser), yaitu menjadikan kota Kuningan sebagai salah satu tempat ideal untuk artis/musisi nasional itu mampir untuk tour. Dengan sekarang mas iksan datang, minimal jadi fotopolio bagi kita. Jadi nanti, ketika ada artis nasional tour, atau kita submit, mereka tau, oh iya pernah konser mas Iksan,” tuturnya.

Lebih jauh, lanjut Ence, kedatangan musisi/artis nasional ini jadi ajang transfer ilmu dan motivasi bagi seniman Kuningan. Sehingga diharapkannya, seniman Kuningan makin terpacu dan bisa mengikuti jejak ke tingkat nasional.

Kegiatan Senja di Kolan Kita sendiri, diselenggarakan oleh Kolam Kita Creative Space X Otaku Coffee.

Didukung oleh lokal brand seperti Saung Kopi Hawwu, Enjoy Kuningan, Cluster Tees, Grand Cordela, Warung Eatkuyy, Paddi Caffe Bistro Cirebon, serta ada juga dari Eiger.

Dengan menggandeng beberapa media hiburan lainnya selain seperti Miskominfo, Kuningan Fashion, Lens Art, dan Gen.X Managemen. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement