Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Sempat Ditolak Warga, Bupati Kembali Dukung Pemanfaatan Panas Bumi Gunung Ciremai

KUNINGAN (MASS)- Beberapa tahun lalu atau tepatnya 2014  terjadi penolakan hebat dari warga terkait rencana eksplorasi panas bumi di kawasan gunung Cermai.

Lelang panas bumi dimenangkan oleh Chevron namun meski perusaahan raksasan ini menang, mereka tidak bisa mengekspolrasi panas bumi karena terjadi demo besar.

Kini tujuh tahun berlalu ternyata Pemkab Kuningan mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengeksplorasi panas bumi.

Hal dilontarkan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi yang mewakili Bupati Kuningan H Acep Purnama SH ketika  memimpin rapat Penjelasan Teknis Pelaksanaan Kegiatan survey 3 G (Geologi, Geofisika, dan Geokimia).

Rapat ini dilakukan  bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) dan Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kuningan pada Kamis, (10/6/2021) di Ruang Rapat Linggajati Setda Kuningan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Koodinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementerian ESDM RI, Edi Indiarto, Forkopimda Kabupaten Kuningan, sejumlah kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa di Wilayah Terkait Geothermal dan undangan lainnya.

“Pada prinsipnya Pemkab Kuningan mendukung sepenuhnya eksplorasi panas bumi yang akan dilakukan oleh pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM RI di kawasan Gunung Ciremai,” sebut Acep.

Yang selanjutnya, bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit energi tenaga listrik berkekuatan watt besar.

Oleh karena itu, diharapkan, tim dari Kementerian ESDM dapat memberikan kejelasan secara teknis mengenai tahapan penelitiannya.

Tentu sebelum melaksanakan survey terkait beberapa informasi penting rencana pengembangan panas bumi di Kabupaten Kuningan khususnya wilayah Gunung Ciremai.

“Selain itu, saya berharap dukungan dari seluruh stakeholder untuk kegiatan hari ini, yang kedepanya dapat dirasakan kesejahteraan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Koodinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementerian ESDM RI, Edi Indiarto, dalam paparannya menjelaskan, energi panas bumi atau geotermal adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi.

Dimana Indonesia meliki potensi energi terbarukan geotermal terbesar di dunia. Namun, saat ini pemanfaatan potensial tersebut belum maksimal.

Dikatakan Edi, energi geothermal dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik dan dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga listrik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kebijakan pemanfaatan energi geothermal, sambungnya, secara serius akan dapat mengatasi krisis listrik di Indonesia.

Diterngkan, untuk WKP (Wilayah Kerja Panas Bumi) yang ada di wilayah gunung ciremai ada 38.560 Ha. Selain sebagai sumber energi listrik, pemanfaatan lain dari panas bumi yang akan dilakukan di wilayah gunung Ciremai adalah pemanfaatan langsung (non listrik) seperti wisata, agrobisnis, dan perternakan.

Adapun karakteristik  dari geothermal dikatakan Edi, sumber energi bersih, ramah lingkungan terbarukan, bebas resiko kenaikan harga  bahan bakar fosil, tidak dapat diekspor, tidak memerlukan lahan yang luas, dan tidak tergantung cuaca.

“Pada dasarnya, energi geothermal adalah energi yang sangat ramah lingkungan dan dapat berdampingan dengan aktivitas masyarakat sekitar, disamping memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat,”  ujarnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Tidak salah Bupati H Acep Purnama memberlakukan PPKM, karena kenaikan kasus positif covid-19 terus melonjak termasuk untuk  Rabu (23/6/2021). Untuk update 23...

Government

KUNINGAN (MASS) – Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara ke-75 terus dilakukan oleh Polres Kuningan. Kali ini kegiatan yang dilakukan berupa bakti sosial...

Government

KUNINGAN (MASS) -Menyambut Hari Bhayangkara ke-75, Polres Kuningan melakukan kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan beras dan mie instan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Isu kekerasan seksual dalam beberapa tahun belakangan ini memang terus bergulir. RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) jadi bahasan yang santer dan...

Advertisement