Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Social Culture

Selamat! Letkol Denny Avianto Dikukuhkan Sebagai Pembina Paguron PPSM

KUNINGAN (MASS)- Rabu (18/11/2020) malam bertempat Lingkungan Buana Kelurahan Cijoho Kecamatan Kuningan, Letkol Denny Avianto, M Han resmi dikukuhkan sebagai Pembina Paguron Seni Pencak Silat Pusaka Sinar Muda (PPSM) dan Sanggar 3Arty.

Acara yang dihadiri oleh Lurah Cijoho Suharto, SSos, Dewan Penasehat, sesepuh serta santri (anak asuh) dan orang tua santri , berlangsung khidmat, dengan tetap menjaankan protokol kesehatan.

Proses pengukuhan diawali dengan Tampilan Rampak Tepak Dua oleh anak anak asuh Paguron Seni PPSM. Dilanjutkan dengan penyematan Iket Jawara dan Pangsi oleh Ketua Paguron Rudi Rudiana ST MPd kepada Letkol Denny.

Dalam sambutannya Letkol Denny, merasa senang menjadi bagian dari keluarga besar Paguron PPSM.  Sebagi putra daerah Cijoho ia  merasa punya kewajiban untuk turut memajukan kesenian daerah dan membina generasi penerus bangsa.

Iaberharap dari paguron ini lahir pemimpin pemimpin bangsa yang mempunyai nilai dan karakter luhur sesuai ajaran pencak silat.

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap Paguron, pada kesempatan tersebut, Letkol Denny menyerahkan bantuan tunai kepada sekitar 50 anak asuh paguron PPSM.

Sekadar informasi Paguron PPSM didirikan tahun 75 oleh abah Ame Caslan. Adapun prestasi terbaik juara umum festival silat kemenpora 2019.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Paguron ini anggota IPSI Cabang Kuningan  pimpinan Dr Ukas Suharfaputra, MP. Sanggar Seni 3Arty berdiri thn 2019 bidang garapan pelestarian seni tradisi sunda spt calung, jaipong, bajidor, angklung, burok dan kawih sunda.

Sekarang berperan aktif dalam program angklung mulang kampung dalam kerangka angklung Pa Kutjit serta pengembangan ekonomi kreatif pembuatan alat kesenian tradisi dan kaulinan budak seperti klowong, gatrik, bedil jepret dll.

Sanggar ini dibawah binaan Disdikbud Kuningan. Sedangkan Sanggar 3Arty berdiri tahun 2019 merupakan inisiatif Rudi Rudiana, ST, M. Pd.

Ia melihat Linkungan  Buana Cijoho merupakan gudangnya budayawan Kuningan dengan adanya Dalang Sahru almarhum dan berdirinya komunitas angklung reog dan burok.

Pengelolaan komunitas ini sifatnya sosial dan tradisional waktu itu semakin memudar. Sanggar 3Arty didirikan untuk mewadahi komunitas yang sudah ada dengan sistem pengelolaan yang baik dengan tetap mengedepankan aspek pendidikan dan social.

Sehingga kegiatan pelatihan sifatnya gratis untuk semua orang. Pembiayan dan pengelolaan sanggar merupakan murni dana pribadi dan swadaya.

Harapan ke depan perhatian terhadap paguron dan sanggar 3Arty dari Pemkab Kuningan dan semua elemen warga Kuningan agar lebih meningkat lagi untuk mengembangkan seni budaya khususnya budaya kab kuningan. (agus)

Berikut Susunan pengurus Paguron PPSM dan Sanggar 3Arty sekarang adalah :

Advertisement. Scroll to continue reading.

1.Pelindung : Lurah Cijoho

2.Pembina :

a.Letkol Lek Denny Avianto, M. Han

b.Juhana, S. Sos

3.Penasehat :

a.H. Ade Petruk, SH., M. BA

b.Nana Suyana, S. Pd

Ketua : Rudi Rudiana, ST., M. Pd.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sekretaris : Yunarsih

Bendahara : Epi Sopiah

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement