Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Sasar Santri, Dosen Unisa Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

KUNINGAN (MASS) – Dosen Unisa Kuningan menggelar berbagai pelatihan ke santri yang ada di Ponpes Salafiyah Tsamrotil Inayah Desa Ciherang-Kadugede, Minggu (2/10/2022) kemarin.

Program pelatihan itu, dimulai dengan pelatihan Bahasa Inggris. Kegiatan, dilanjutkan dengan pelatihan membuat kaligrafi, tilawatil qur’an, dan pelatihan pengolahan limbah kayu.

Ketua Program Sopandi mengatakan, kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan kapasitas santri. Dalam pelatihan itu, masing-masing akan diisi oleh para praktisi atau pakar yang kompeten di bidangnya.

“Kegiatan ini dirancang untuk menstimulus dan meningkatkan kreativitas santri ponpes salafiyah sesuai minat, bakat, dan potensinya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan itu terlaksana atas pendanaan program Matching Fund Kedaireka Kemdikbudristek RI tahun 2022. Melalui program itu pihaknya bekerjasama dengan pengurus pondok, untuk bersama-sama mencetak para santri yang ahli agama sekaligus memiliki kapasitas atau soft skill tambahan di bidang-bidang lainnya.

“Harapan kami, program ini bisa menumbuhkan soft skill dan kreativitas para santri selain pemahaman ilmu agama. Supaya kedepan para santri bisa mengembangkan kreativitas yang dilatih pada kesempatan ini, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun pasar,” tuturnya.

Adapun, pelatihan dilakukan dalam sembilan pertemuan itu. Dalam kegiatan itu, selain dilakukan pemaparan teori, tapi juga dengan praktik yang ditunjang alat dan bahan praktik dengan jadwal yang ditentukan.

Narasumber yang dipilih, mulai dari owner Sanggar Bahasa Inggris Kuningan, pengrajin olahan kayu di Desa Ciherang, Qori tingkat kabupaten, dan kreator atau pengrajin kaligrafi di Kabupaten Kuningan.

Sementara, Pimpinan Pondok Pesantren Tsamrotul Inayah Desa Ciherang, Nuron Ishak menyambut baik gelaran peningkatan kapasitas para santri tersebut.

Di hadapan puluhan santrinya Ia menegaskan, selain harus serius mendalami ilmu agama sebagaimana kegiatan utama yang sudah berlangsung di pondok tersebut, para santri juga harus bisa mengimbangi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Bahkan, lanjutnya, jika ilmu atau keterampilan tersebut dinilai lebih baik dari tradisi sebelumnya, para santri harus bisa menerima, tanpa meninggalkan sesuatu yang sudah baik sebelumnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim program dari Unisa Kuningan. Semoga pelatihan ini memberikan manfaat untuk para santri,” tuturnya.

Apresiasi dan harapan serupa disampaikan Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si. Secara terpisah Ia menerangkan, insan perguruan tinggi memiliki tiga tugas dan fungsi utama yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tiga tugas tersebut harus secara kontinyu dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa.

“Untuk menunjang tugas-tugas tersebut pemerintah, dalam hal ini Kemdikbudristek menyediakan berbagai program yang salah satunya adalah matching fund kedaireka. Alhamdulillah ada satu tim dari Unisa yang lolos dan memulai program itu. Mudah-mudahan berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada para pihak,” tuturnya. (eki/rl)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Pada Sabtu (19/11/2022) kemarin, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unisa menggelar kegiatan implementasi kurikulum merdeka belajar di pelajaran Bahasa...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Adanya insiden dan meninggal dunianya santri di salah satu pondok di Kecamatan Nusaherang, membuat pihak pondok bergerak cepat. Pimpinan pondok KH...

Headline

NUSAHERANG (MASS) – Kabar duka datang dari dunia pendidikan, Minggu (20/11/2022) malam ini. Pasalnya, seorang santri di salah satu sekolah boarding/pondok di Kecamatan Nusaherang,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kreatifitas memang bukan soal umur. Ya, hal itulah yang tampak dari siswa-siswi Binaul Ummah Kuningan dalam Panen Karya, Kamis (17/11/2022) kemarin....

Advertisement