Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Santri Husnul Siapkan Peserta Kontes Robotik Nasional

KUNINGAN (MASS) – Kontes robotic nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama tengah jadi incaran MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan agar jadi pemenang. Pasalnya, madrasah tersebut akan menjadi satu-satunya perwakilan dari Kuningan untuk mengikutinya.

“Peserta dari kita itu sebanyak 20 santri kelas 7 dan 8. Mereka akan didampingi 6 orang dari masing-masing kelompok,” ujar Kepala MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, Danni Abdurahman MPd, Kamis (31/3/2022).

Belakangan ini, MTs yang berlokasi di Pancalang ini sedang menyiapkan diri secara matang. Salah satunya dengan menggelar Workshop Mobile Robot di Lab IPA, Rabu (30/3/2022). Workshop tersebut merupakan kali kelima dalam upaya pengembangan model workshop robotic sebelumnya.

“Workshop Mobile Robot adalah model pengembangan dari model workshop robotik sebelumnya. Workshop sebelumnya lebih kepada workshop robotik rancang bangun. Target kami, santri dan para pembimbing menguasai jenis mobile robot sebagai persiapan kontes robotic 2022,” jelasnya.

Antusiasme peserta dalam mengikuti Workshop Mobile Robot ini sangat tinggi, baik dari santri maupun pembimbing. Dari awal Danni menyampaikan kepada santri bahwa dari proses workshop ini akan ada penilaian dan seleksi untuk diambil 1 tim terbaik untuk menjadi duta perwakilan MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan.

Lebih jauh Danni mengungkapkan, ekskul robotik di MTs Husnul Kotimah 2 Kuningan sudah dimulai sejak tahun 2019. Husnul Khotimah 2 tergolong pionir atau yang mengawali ekskul robotik di tingkatan dadrasah di Kabupaten Kuningan.

“Dari sejumlah 61 MTs Negeri dan Swasta, MTs Husnul Khotimah 2 merupakan satu dari dua MTs yang mengembangkan ekskul robotik. Diantaranya MTs Husnul Khotimah 1 yang pekan kemarin perdana melaksanakan workshop robotik,” papar Danni.

MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan sendiri pernah menyelenggarakan event kontes robotik santri yang dilaksanakan secara online. Para santri bersaing menciptakan desain robotik sesuai kreativitas masing-masing.

“Melalui ekskul robotik ini sudah tersalurkan minat bakat dan santri yang berkaitan dengan robotik dengan terlaksanakan event internal robotik secara online dengan peserta membuat dan merancang robotik sesuai dengan kreasi mereka,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Workshop Mobile Robot MTs Husnul Khotimah 2 ini bekerjasama dengan Robotic Explorer Bandung. Sopyan Aditia AMd, salah satu mentor mengatakan santri Husnul Khotimah 2 peserta workshop sangat bersemangat dalam mengikuti workshop.

“Karena diantara peserta sendiri sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan robotik sehingga mereka mengikuti dengan antusias. Juga ada salah satu santri yang pernah menjadi anak didik kami sebelumnya dan ikut lagi di sini,” ungkap Sopyan. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pernyataan Dadang Mulya yang mengaku sebagai model bungkus rokok dan akan menuntut royalti menjadi viral. Kemenkes sendiri langsung melakukan bantahan terkait...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Terkait pencabutan surat kuasa yang dilakukan oleh model bungkus rokok ditanggapi serius oleh Dudung Hidayat. Pria yang sempat ditunjuk menjadi kuasa...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dalam waktu yang tidak lama, model iklan bungkus rokok, Dadang Mulya (42) berubah pikiran. Rencana untuk menuntut royalti akibat gambarnya dimuat...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Jika biasanya model iklan itu dibayar mahal, beda hal dengan Dadang Mulya (42), sang model iklan pada bungkus rokok. Meski fotonya...

Advertisement