Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ratusan Siswa SMK Dos-Q Diuji Kompetensi Keahlian

KUNINGAN (MASS) – Jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan disetiap tahunnya wajib melaksakanan Ujian Tahap Akhir diantaranya Ujian Tulis dan Praktik. Pada tahun pelajaran 2020-2021 ini Pemerintah memberikan kesempatan bagi semua SMK untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) secara tatap muka maupun daring.

Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan UKK tahun 2021 terdapat 6 pilihan skema yaitu ujian melaui sistem sertifikasi mitra DUDIKA atau Asosiasi Profesi, LSP Pihak Kesatu (LSP-P1), LSP Pihak Kedua (LSP-P2), LSP Pihak Ketiga (LSP-P3), Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK), dan UKK Mandiri.

“Dalam hal ini SMK Muhammadiyah 2 Kuningan menyelenggarakan UKK dengan Skema sistem sertifikasi mitra DUDIKA atau Asosiasi Profesi, LSP Pihak Kesatu (LSP-P1) dan UKK Mandiri,” ujar Ketua Pelaksana Udin Tahriludin, Minggu (11/4/2021).

Uji Kompetensi Keahlian ini sifatnya wajib bagi seluruh siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dari 5 Jurusan yang ada yaitu Farmasi Klinis dan Komunitas sebanyak 28 orang, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak 15 orang, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebanyak 94 orang, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) sebanyak 96, dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) sebanyak 81 orang.

Pada UKK Mandiri tahun ini, imbuh Udin, jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas bekerjasama dengan PT. Kimia Farma, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer UNIKU, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) bekerjasama dengan PT. Citra Jelajah Informatika (PT. CIFO), Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) bekerjasama dengan PT. Daya Adicipta Motora (PT. DAM), sedangkan Jurusan TKRO bekerjasama dengan PT. Astra Daihatsu Motor (PT. ADM).

Kepala Sekolah Khaerul Anwar, S.Ag., M.Pd.I menuturkan bahwa tujuan diselenggarakan UKK yaitu mengukur tingkat capaian kompetensi siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 2 Kuningan oleh pihak Penguji dari Internal dan Industri.

“Alhamdulillah siswa dan siswi yang mengukuti UKK semuanya dinyatakan Lulus 100% dan selanjutnya akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang diterbitkan dari Industri. Kami berharap kelak mudah-mudahan para lulusan akan dapat memanfaatkan Sertifikat tersebut terutama untuk melamar kerja,” kata Khaerul Anwar.

UKK di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dilaksanakan secara tatap muka dan daring mulai tanggal 6 sampai dengan 11 Apri 2021 dan bertempat di Laboratorium dan Bengkel masing-masing jurusan yang sudah terstandarisasi Industri.

Jurusan Farmasi dilaksanakan tanggal 9 dan 10 April 2021, Jurusan RPL dilaksanakan tanggal 8 April 2021, Jurusan TKJ dilaksanakan tanggal 8 s.d 10 April 2021, Jurusan TBSM tanggal 8 s.d 11 April 2021 dan Jurusan TKRO dilaksanakan tanggal 6 s.d 10 April 2021.

Untuk UKK yang dilaksanakan secara tatap muka setiap peserta dan Penguji wajib melaksanakan protokol kesehatan 5M guna menjaga penularan Covid-19. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Lagi dan lagi SMK Muhammadiyah 2 Kuningan meraih podium alias juara. Pada Kejuaraan Pembinaan Atlit Cabang Olah Raga Balap Motor GTX...

Education

KUNINGAN (MASS) – Alumni SMK Muhammadiyah 2 Kuningan yang tergabung dalam Alumni Dos-Q 28 Peduli membagikan puluhan sembako kepada warga yang membutuhkan, Jumat (22/5/2020)...

Education

KUNINGAN (MASS) – SMK Muhammadiyah 2 Kuningan kembali menunjukan kapasitasnya sebagai Lembaga Pendidikan yang siap mengantar muridnya di dunia kerja. Kali ini, dengan bekerjasama...

Education

KUNINGAN (MASS) – Legenda Persib Bandung Lord Atep bakal hadi di Kuningan pada tanggal 19 Desember 2019. Kehadiran Atep yang sudah memberikan empat tropi...

Advertisement