Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Program Kiat Sukses Dilaunching

KUNINGAN (MASS) Wabup Kuninga  HM Ridho Suganda SH M.Si, mendukung serta menyambut baik Program  Kiat Sukes (Kartu Identitas Anak Terpadu Bagi Siswa Untuk Kelangsungan Sekolah) yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan.

Program ini diluncurkan  dalam upaya peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan, khususnya terhadap akses pendidikan.

“Saya mendukung serta menyambut baik atas dilaunchingnya program Program Kiat Sukses yang dilakukan Disdukcapil, sebut Wabup Edo saat membuka kegiatan Peningkatan Akses Layanan Konsultasi dan Pengaduan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, sekaligus Launching dan Uji Coba Program Kiat Sukses di Aula SMPN 2 Kuningan, Rabu (27/10/2021).

Hal  Ini merupakan inovasi, karena pendidikan merupakan bagian dari pelayanan publik yang perlu didukung dengan dokumen kependudukan.

 Dikatakan, pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat yang memiliki keaneka ragaman kepentingan dan tujuan.

Oleh karena itu, terkait dengan hal tersebut, sambungnya, pemerintahan merupakan organisasi terdepan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Terutama dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingannya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diterangkan, seiring dengan kemajuan zaman, tuntutan akan pelayanan publik juga semakin meningkat. Masyarakat bukan hanya mengharapkan terpenuhinya kebutuhan pelayanan yang baik, tetapi lebih dari itu.

Masyarakat lanjut dia, mulai mempertanyakan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Maka untuk mewujudkan Good Goverment, adalah dengan memberikan pelayan publik yang optimal kepada masyarakat.

Hal senada, juga disampaikan Kepala Keasistenan Pengaduan Masyarakat Ombusdman RI Perwakilan Jawa Barat, Sartika Dewi. Pihaknya juga menyambut baik upaya yang dilakukan Pemkab Kuningan terkait pelayanan dibidang administrasi kependudukan.

“Sebagai lembaga pengawasan terhadap pelayanan publik, kami sangat mendudung program ini yang  dilaunching Kamis oleh  Disdukcapil Kabupaten Kuningan,” sebutnya.

Ini sejalan dengan prioritas ombusdman pada 2021 ingin melakukan pemantauan dan identifikasi terkait permasalahan administrasi kependudukan dan bagaimana sinergitas kolaborasinya dengan pendidikan yang lain.

Terkait dengan program Kiat Sukses, kartika berharap, adanya integritas antara Kartu Identitas Anak Terpadu dengan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), sehingga permasalahan Kartu Keluarga yang tidak aktif dan jarak untuk zonasi dalam PPDB bisa terselesaikan hanya dengan satu dokumen.

Selanjutnya, Sartika juga menjelaskan, selain pengawasan pelayanan publik, Ombudsman juga memiliki tugas memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan hak atas pelayanan publik dan tata cara menyampaikan laporan ketika terjadi penyimpangan dalam pelayanan publik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak Terpadu kepada sejumlah siswa oleh Wabup Edo didampingi Kepala Disdukcapil Kabupaten Kuningan Drs. Yudi Nugraha, M.Pd, dan Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri , M.Si, turut disaksikan para Kepala SMP se Kabupaten Kuningan.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Senin, 14 Jumadil Akhir 1443 H / 17 Januari 2022 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚Orang Bijak Bertutur: ‏ثلاثُ ضُيوف يأتون...

Lifestyle

KUNINGAN (MASS) – Kontes ajang menyanyi Kuningan Superstar (KSS) kini masuk babak baru. Setelah kemarin pada Minggu (16/3/2022) diaelenggaeakan Battle Time dari 40 peserta,...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Lengah sedikit maling langsung beraksi. Hal ini setidaknya terjadi di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur, pada Minggu (16/1/2022) malam atau bada magrib, dimana...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Selain menetapkan program unggulan, hasil raker Korpri di Kabubaten Subang menghasilkan uang sumbangan Rp25 juta. Uang itu untuk pembangunan musala Al-Furqan Korpi...

Advertisement